Jowonews

Logo Jowonews Brown

Jalur Pendakian Rinjani Dibuka Bangkitkan Wisata Lombok

LOMBOK, Jowonews.com — Jalur pendakian ke Gunung Rinjani melewati Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah (Loteng), Nusa Tenggara Barat (NTB), kembali dibuka sebagai salah satu upaya membangkitkan pariwisata Lombok.

Ketua Tim Crisis Center Kementerian Pariwisata, Guntur Sakti dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, menyambut baik pembukaan jalur pendakian Aik Berik Gunung Rinjani itu.

“Saat ini proses pemulihan untuk NTB sudah berjalan baik dan saat ini Lombok sudah mulai ramai di kunjungi wisatawan. Menteri Pariwisata Arief Yahya pada World Travel Market (WTM) 2018 di London awal November silam juga mempromosikan jika NTB sudah bangkit. Lombok sudah aman untuk di kunjungi,” ujar Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata itu.

Menurut Guntur, pembukaan pendakian itu akan membuka kembali arus masuk wisatawan ke NTB karena Gunung Rinjani merupakan salah satu atraksi wisata untuk membangkitkan pariwisata di NTB.

Salah satu dari empat jalur pendakian resmi tersebut dibuka untuk membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar kawasan taman nasional yang sempat lumpuh akibat gempa bumi Agustus 2018 silam.

Pembukaan jalur pendakian sekaligus dirangkai dengan peluncuran program e-Rinjani itu dilakukan olehBupati Lombok Tengah H Suhaili FT bersama dengan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Sudiyono di Aik Berik, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah, Senin (19/11).(jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...