Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Jalur Tengah Jateng Siap Digunakan untuk Mudik

Jalur Tengah Jateng
Jalur Tengah Jateng
Jalur Tengah Jateng

Banjarnegara, Jowonews.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara menyatakan bahwa jalur tengah Jawa Tengah yang melintasi Kabupaten Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, dan Temanggung siap dilalui pemudik.

Pernyataan itu disampaiakn Pemkab melalui Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Banjarnegara Mulyanto. “Jalur tengah di wilayah Banjarnegara mulai dari Susukan yang berbatasan dengan Banyumas hingga Tunggoro yang berbatasan dengan Wonosobo sudah bisa dilalui kendaraan pemudik,” katanya di Banjarnegara, Rabu (8/7) kemarin.

Selain itu,  ruas jalan antara Susukan dan Banjarnegara dalam kondisi bagus serta sebagian besar sudah dilebarkan. Namun, untuk ruas Banjarnegara-Wonosobo, kata dia, masih banyak yang sempit dan tidak begitu bagus karena baru penambalan serta minim lampu penerangan terutama di daerah Sigaluh hingga Tunggoro sehingga pemudik harus berhati-hati.

Ia mengatakan bahwa pada tahun anggaran 2015 sebenarnya telah ada anggaran untuk pemasangan lampu penerangan jalan namun masih dalam tahap lelang sehingga belum bisa dilaksanakan sepenuhnya oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banjarnegara.

“Kami sudah memasang rambu-rambu peringatan agar pemudik berhati-hati karena beberapa ruas jalan di jalur tengah maupun jalur alternatif masih dalam kondisi sempit dan belum begitu bagus,” tegasnya.

Sejumlah jalur alternatif di Banjarnegara juga telah siap dilalui pemudik, antara lain jalur Banjarnegara-Pekalongan yang sempat putus akibat longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, telah dipasang jembatan darurat sehingga bisa dilewati kendaraan dari dua arah.

Sementara untuk jalur alternatif Banjarnegara-Kebumen melalui Gandulekor dan Sempor, kata dia, kondisi jalannya sudah bagus dan mulus sehingga dapat menjadi pilihan bagi pemudik tujuan Banjarnegara dari arah Kebumen dan sebaliknya.

“Secara umum, ruas jalan di jalur tengah Jateng sudah bisa dilewati. Kami bersama Polres Banjarnegara, Satpol PP, dan instansi terkait lainnya segera membuat lima posko untuk pengamanan dan pelayanan selama arus mudik,” katanya. (JN03)

BACA JUGA  Longsor Terjang Banjarnegara, 105 Rumah Tertimbun, 3 Orang Tewas

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...