Jowonews

Logo Jowonews Brown

Jaminan Keaslian, Batik Pekalongan Ditempel Hologram

PEKALONGAN, Jowonews.com – Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) Kota Pekalongan, Jawa Tengah bakal memperkuat “branding” batik asli dengan menerapkan stiker hologram pada batik sebagai jaminan keaslian produk tersebut.

Ketua Asephi Kota Pekalongan Romi Oktabirawa di Pekalongan, Kamis, mengatakan bahwa penerapan hologram batik itu sekaligus mengantisipasi merebaknya tekstil bermotif batik atau “printing” yang menguasai pasar batik. “Oleh karena itu, Asephi akan menjadi lembaga penggaransi batik. Adapun penerapan stiker hologram pada batik tersebut untuk memperkuat ‘branding’ batik asli,” katanya.

Menurutnya, pertimbangan Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) memberikan penghargaan terhadap batik sebagai bentuk budaya bukan benda warisan manusia karena terkait dengan prosesnya, bukan karena motifnya.”Oleh karena, kami ingin menguatkan lagi ‘branding’ batik asli sebagai upaya melindungi konsumen,” katanya.

Ia mencontohkan saat pameran Inacraft di Jakarta beberapa waktu lalu, ada konsumen yang membeli batik asli tetapi ternyata batik yang dibeli adalah jenis batik cap.
“Bilangnya batik asli, ternyata ‘printing’ padahal harganya lumayan tinggi. Kami tidak ingin mengucilkan batik cap tetapi hanya ingin ada kejujuran dalam menjual produk,” katanya.

Ia mengatakan penerapan stiker hologram pada batik asli akan dimulai saat pameran Inacraft di Jakarta, 20-24 April mendatang.
“Kami akan membuat stiker hologram yang menunjukkan batik asli. Nantinya, stan Inacraft akan diberi tanda stiker itu,” katanya. (JN19/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...