Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Jangan Khawatir, Stok Daging Jateng Aman

MAGELANG, Jowonews.com – Masyarakat diminta tidak khawatir akan ketersediaan daging selama Bulan Ramadan dan Lebaran 1437 Hijriah. Pemprov Jateng melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan menyatakan persediaan daging aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakatmenghadapi Idul Fitri 1437 Hijriah aman terkendali.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jateng Agus Wariyanto di Magelang menjelaskan, pihaknya menyiapkan stok daging sapi tiga kali lipat lebih banyak daripada hari biasa, terkait dengan kesiapan menghadapi Lebaran mendatang. Kebutuhan daging sapi di Jateng setiap bulan sekitar 3.100 ton, sedangkan persediaan pemprov 15% lebih banyak dari jumlah tersebut.

Pada Juni atau selama Bulan Puasa mendatang, katanya, diprediksi terjadi peningkatan kebutuhan daging sapi menjadi 4.100 ton, sedangkan pada Juli atau saat Idul Fitri mendatang diperkirakan terjadi peningkatan tiga kali lipat. “Masyarakat tidak perlu khawatir karena kami sudah menyiapkan kebutuhan sebanyak itu. Apalagi kondisi peternakan daging sapi kita cukup,” ujarnya.

Pemprov Jateng tidak pernah menghadapi persoalan terkait dengan persediaan daging karena daerah setempat telah mengembangkan ternak lokal secara intensif dan tidak pernah impor bahan kebutuhan pokok masyarakat tersebut.

Ia mengatakan saat ini harga daging sapi relatif normal, di kisaran Rp90 ribu-Rp100 ribu per kilogram. Selama H-7 hingga H+7 Lebaran, katanya, biasanya harga daging sapi naik sekitar lima persen dibandingkan dengan hari biasa, sedangkan setelah masa itu, harga kembali normal.

Ia mengatakan masyarakat juga bisa memutuskan alternatif lain atas konsumsi daging sapi, seperti kerbau dan ayam dengan tetap memperhatikan kualitasnya yang aman, sehat, utuh, dan halal. Hingga saat ini, potensi populasi sapi potong di Jateng sekitar 1,6 juta ekor dengan daerah sentra di Kabupaten Blora, Grobogan, dan Wonogiri, sedangkan ayam kampung 40 juta ekor, kambing empat juta ekor, domba dua juta ekor. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...