Jowonews

Logo Jowonews Brown

Jangan Terbujuk Tawaran Cicilan Murah Apartemen

SEMARANG, Jowonews.com – Masyarakat dihimbau untuk tidak tergoda dengan rayuan uang muka murah dan cicilan rendah dari pengembang, khususnya apartemen. Himbauan ini disampaikan Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah seiring kasus penipuan di Yogyakarta.

“Memang kalau kaitannya antara pembangunan dengan pemasaran apartemen berbeda dengan rumah,” kata Wakil Ketua REI Jawa Tengah Bidang Promosi, Humas, dan Publikasi Dibya K Hidayat di Semarang.

Bedanya, untuk rumah pembangunannya lebih dahulu dilakukan. Setelah rumah jadi, baru kemudian dipasarkan kepada masyarakat.

Sedangkan untuk hunian apartemen, pengembang akan terlebih dahulu melakukan pemasaran. Setelah kuota minimal yang dibutuhkan berhasil tercapai, pembangunan apartemen baru dilakukan.

“Kalau untuk apartemen ini jika pembangunan terlebih dahulu dilakukan, biasanya akan kesulitan mencari pasar,” katanya.

Berbeda dengan rumah, biasanya untuk apartemen ini para konsumen akan lebih memilih apartemen yang letaknya dekat dengan tempat mereka bekerja.

Terkait dengan kasus penipuan, seperti yang belum lama terjadi di Kota Yogyakarta, konsumen sudah memberikan uang muka kepada para pengembang, tetapi karena target penjualan tidak memenuhi akhirnya pembangunan tidak jadi dilakukan.

“Maka konsumen sebaiknya dipastikan dulu bagaimana pengembangnya. Kami dari REI mengimbau sebaiknya calon konsumen memilih pengembang yang sudah tergabung pada asosiasi seperti REI atau Apersi,” tambahnya. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...