Jowonews

Logo Jowonews Brown

Jateng Bakal Punya Pusat Budaya Lokal

SEMARANG, Jowonews.com — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memfasilitasi pendirian pusat unggulan layanan perpustakaan dan informasi budaya lokal atau “Center of Excellence” yang akan menyajikan koleksi beragam budaya dari 35 kabupaten/kota di provinsi setempat.

“Fasilitasi dan dukungan tersebut merupakan bagian dari Program Pembangunan Perpustakaan Digital Nasional Indonesia yang digagas oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono di Semarang, Rabu (5/4).

Menurut dia, “Center of Excellence” Budaya Lokal Jawa Tengah itu dinilai sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pemustaka terhadap informasi tentang budaya di seluruh wilayah Jateng yang telah ditetapkan dengan standar kinerja yang tinggi.

“Ada sejumlah pihak yang menghendaki ‘database’ berbagai budaya lokal, maka dengan adanya ‘Center of Excellence’ ini bisa membantu,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa “Center of Excellence” Budaya Lokal Jateng tidak hanya untuk kepentingan pemustaka, tapi sekaligus menjadi sumber belajar bagi para generasi muda.

Dengan terwujudnya informasi budaya lokal yang dapat diakses dengan mudah, cepat dan murah, diharapkan budaya lokal Jateng tetap eksis serta berkembang baik di tengah terpaan budaya asing.

Terkait dengan hal itu, Sri Puryono menginstruksikan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jateng segera mengidentifikasi dan memetakan situs-situs kearifan lokal.

Pemetaan yang dilakukan baik dalam bentuk buku, naskah maupun lisan yang memiliki nilai artistik, historis, dan ada nilai kemanfaatan bagi masyarakat Jateng. (jwn5/ant)

BACA JUGA  Jateng Vaksinasi Covid-19 Mulai 14 Januari

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...