Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Jay Idzes, Pemain Naturalisasi Keturunan Semarang yang Membawa Harapan untuk Timnas Indonesia

Jay Idzes

SEMARANG – Dunia sepak bola Indonesia kembali dihebohkan dengan kehadiran Jay Idzes sebagai pemain naturalisasi terbaru yang diproyeksikan untuk memperkuat Timnas Indonesia. Bek berusia 23 tahun itu telah secara resmi mengambil sumpah pada akhir Desember 2023, membuka jalan menuju karier internasionalnya.

Jay Idzes kemungkinan akan membuat debutnya bersama Timnas Indonesia dalam lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F bulan depan. Timnas Indonesia dijadwalkan akan menghadapi Timnas Vietnam dua kali, pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 21 Maret 2024, dan kemudian bertandang ke Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, lima hari setelahnya.

Pemain berpostur 191 cm ini kini membela klub Serie B Italia, Venezia, dalam musim 2023/2024. Jay bergabung dengan Venezia pada musim panas 2023 setelah meninggalkan klub Belanda, Go Ahead Eagles, di mana ia memulai kariernya pada tahun 2018.

Meskipun lahir di Mierlo, Belanda, pada 2 Juni 2000, Jay Idzes memiliki darah Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Ini membuatnya menjadi pemain profesional Indonesia pertama yang bermain di Liga Italia.

Namun, perjalanannya tidak selalu mulus. Pada Oktober 2023, Jay mengalami sakit trombosis vena dengan mikro emboli paru yang membuatnya harus absen dari lapangan selama lebih dari tiga bulan hingga awal Februari 2024. Namun, semangatnya tidak padam, dan setelah 13 pertandingan absen, ia kembali beraksi pada 3 Februari 2024, sebagai pengganti dalam pertandingan melawan Parma.

Prestasinya tidak hanya menjadi sorotan di lapangan, tetapi juga di tingkat internasional. Jay Idzes menjadi pemain keturunan Belanda ke-17 yang dinaturalisasi untuk membela Timnas Indonesia, di bawah naungan pelatih Shin Tae-yong. Sebagai pemain naturalisasi kedelapan di era pelatihan Shin Tae-yong, Jay bergabung dengan deretan pemain seperti Marc Klok, Jordi Amat, dan lainnya, membawa harapan baru untuk persembahan Timnas Indonesia di kancah internasional.

BACA JUGA  Ssttt... Malam ini Ada Razia Gabungan Hingga Besok Pagi...

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...