Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Jelang Ajaran Baru, Pedagang Tiban Alat Sekolah Mremo

SEMARANG, Jowonews.com – Berbagai perlengkapan sekolah, seperti tas, sepatu, dan alat tulis di Semarang laris menjelang hari pertama masuk sekolah menandai dimulainya tahun ajaran 2016/2017.

Seperti diakui Lia, pedagang “tiban” yang menjajakan beraneka buku murah di depan Pasar Johar Semarang, Kamis, setidaknya bisa menjual buku tulis sampai lima kardus berukuran besar.

“Anak-anak banyak mencari buku tulis pastinya menjelang masuk sekolah. Makanya, saya buka dagangan di sini. Saya jual setiap pak buku tulis seharga Rp15-30 ribu,” katanya.

Ia mengatakan harga setiap buku tulis bergantung merek, mulai murah sampai merek mahal, namun semuanya ternyata laris karena anak-anak sekolah memang membutuhkan buku tulis untuk bersekolah.

“Kalau pas ramai, saya bisa dapat Rp4 juta dalam sehari. Ya, macam-macam mereknya,” katanya.

Demikian pula dengan gerai “fashion” Elizabeth Semarang yang menyediakan bermacam tas, termasuk tas sekolah juga banyak dikunjungi masyarakat yang mencari tas untuk keperluan anaknya bersekolah.

“Yang paling banyak dicari biasanya tas-tas sekolah untuk anak-anak usia taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD) bergambar kartun,” kata Store Manager Elizabeth Semarang Anita Andriani.

Namun, kata dia, tas ransel berwarna polos juga banyak dicari oleh anak-anak sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) yang tingkat penjualannya meningkat hingga 30 persen.

Selain tas ransel, kata dia, tas selempang dan tas untuk tempat laptop pun diminati meski harganya tidak murah karena kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan tas-tas di pasaran umumnya.

Untuk harga, Anita menyebutkan berkisar antara Rp150-500 ribu/buah bergantung dengan modelnya.

“Ya, dari segi bahannya. Mayoritas tas sekolah di sini berbahan kain dan parasut tahan air. Kebanyakan pembeli mencari tas yang dilengkapi dengan ‘raincoat’ atau pelindung tas dari hujan,” katanya. jn16-ant

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...