Jowonews

Logo Jowonews Brown

Jelang Liburan, Armada Bus Dicek Kelaikan Jalan

PEKALONGAN, Jowonews.com – Pemkot Pekalongan melakukan pengujian dan pengecekan terhadap sejumlah bus yang dipersiapkan untuk angkutan libur Natal dan Tahun Baru 2017.

Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, dan Kebudayaan Kota Pekalongan, Doyo Budi Wibowo mengatakan bahwa pengujian dan pengecekan pada armada ini sekaligus mengantisipasi bus yang tidak laik jalan beroperasi mencari penumpang.

“Kami melakukan jemput bola untuk memeriksa kelaikan jalan armada pada sejumlah pemilik perusahaan bus. Pengujian kami fokuskan pada kondisi fisik, seperti sistem pengereman dan kelangkapan mengemudi,” katanya, Jumat (23/12).

Ia yang didampingi Kepala Terminal Bus Pekalongan, Ali Ta’san mengatakan pihaknya bekerja sama dengan sejumlah instansi lain juga akan memeriksa awak bus sebelum mereka mengemudikan armadanya.

“Pemeriksaan terhadap para awak bus bertujuan untuk menghindari pengemudi bus yang dalam kondisi mabuk mengangukut penumpang. Hal ini sangat berbahaya sehingga kami akan periksa para awak bus sebelum menempuh perjalanan,” katanya.

Penumpang bus, Saiful Mubarisi memberi apresiasi langkah pemkot untuk melakukan uji kelaikan armada sebelum untuk mengangkut penumpang sekaligus pemeriksaan kondisi awak bus.

Selama ini, kata dia, kejadian kecelakaan di jalan raya, selain karena kondisi armada yang tidak bagus juga ada kemungkinan pengemudi atau sopir bus yang menjalankan armadanya secara ugal-ugalan karena terpengaruh faktor alkohol.

“Oleh karena, kami mendukung upaya atau pun langkah pemkot untuk melakukan uji kelaikan dan pemeriksaan lainnya pada armada,” tandasnya. (Jn19/ant)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...