Jowonews

Logo Jowonews Brown

Jelang Pemilu 2019, KPU Batang Siapkan TPS Ramah Disabilitas

BATANG, Jowonews.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang, Jawa Tengah, akan menyiapkan tempat pemungutan suara khusus yang ramah untuk disabilitas yang akan menggunakan hak suaranya pada Pemilihan Umum yang dilaksanakan pada 17 April 2019.

Komisioner Divisi Sosialisasi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi KPU Kabupaten Batang Gunadi di Batang, Rabu, mengatakan bahwa bagi disabilitas yang tidak dapat menggunakan hak suaranya pada pemilu akan didampingi kelompok penyelenggara pemungutan Suara (KPPS) yang ditunjuk oleh yang bersangkutan.

“Orang yang mendampingi tersebut harus membuat surat pernyataan formulir C-3 untuk merahasiakan pilihannya dari pemilih (disabilitas) yang didampingi,” katanya usai kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS.

Menurut dia, sepanjang penyandang disabilitas tidak bisa menggunakan hak suaranya maka bisa didampingi oleh pendamping hingga sampai bilik suara.

Adapun simulasi ini, kata dia, melibatkan unsur Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan disaksikan oleh partai politik, dan forum komunikasi pimpinan daerah (forkominda), dan instansi terkait lainnya.

Ia mengatakan pada kegiatan tersebut, KPU juga mengundang sebanyak 30 calon kelompok penyelenggara pemungutan Suara (KPPS) Kecamatan Batang dan ada petugas yang berperan sebagai pengawas.

“Simulasi ini hanya diselenggarakan sekali sehingga melalui kegiatan ini, kami berharap pada pemilih bisa menggunakan hak suaranya secara cermat pada pelaksanaan Pemilu 2019,” katanya. (jwn5/ant)


BACA JUGA  Satlinmas Dan Satpol PP Se-Jateng Gelar Pengamanan Pemilu 2019

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...