Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Jelang Pleno Penghitungan Suara, Jumlah Aparat Keamanan Ditambah

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Jumlah personel pengamanan ditambah menjelang pleno penghitungan suara di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Temanggung.

Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo, di Temanggung, Selasa, mengatakan Polda Jawa Tengah menambah kekuatan pengamanan di Polres Temanggung sebanyak 3 peleton Brimob dan 3 peleton Dalmas.

Selain itu juga ditambah sekitar 40 personel dari Direktorat Reskrim dan Direktorat Intelkam Polda Jateng.

Sebelumnya, dalam pengamanan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Temanggung 2018, Polda Jateng juga telah menerjunkan bantuan personel keamanan sebanyak 4 peleton Satuan Brimob dan 1 peleton Dalmas.

Dijadwalkan pelaksanaan pleno penghitungan suara di tingkat KPU Kabupaten Temanggung berlangsung Rabu (4/7).

Wiyono mengatakan Temanggung merupakan salah satu dari 7 kabupaten di Jawa Tengah yang melaksanakan pemilihan bupati dan wakil bupati bersamaan dengan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah pada 27 Juni 2018, sehingga mendapat tambahan personel pengamanan.

Ia mengatakan hingga saat ini situasi kamtibmas di Kabupaten Temanggung aman dan terkendali.

Dandim 0706/Temanggung Letkol Arm Yusuf Setiaji mengatakan untuk TNI kekuatannya tetap 10 peleton organik dari Kodim Temanggung dan 3 peleton atau satu SSK tambahan dari Batalion Armed Magelang, tetapi masih mempunyai 3 SSK lagi sebagai cadangan yang akan digerakkan kalau situasi memburuk.

“Saya dengan Kapolres Temanggung sudah sepakat untuk mengutamakan cara-cara persuasif, dan selama ini kami selalu mengimbau kepada ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Temanggung maupun para pendukungnya supaya jangan membuat suasana rusuh, karena yang akan dirugikan adalah rakyat Temanggung sendiri,” katanya pula.

Untuk antisipasi ke depan, pihaknya berkoordinasi dengan Kapolres Temanggung dan atas komando Kapolres, Kodim siap untuk membantu melaksanakan kegiatan pengamanan.

“Kami pantau jam per jam karena situasinya sedang rawan dan targetnya tanggal 4 Juli 2018 pleno penghitungan suara di KPU Temanggung bisa dilaksanakan dengan tertib, lancar, dan aman. Kami berpesan kepada masyarakat jadilah masyarakat yang cerdas dan jangan mudah diadu domba,” ujarnya.(jwn4/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...