Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Jelang Ramadan, Harga Bawang Tembus Rp45 Ribu

BATANG, Jowonews.com – Menjelang datangnya Bulan Ramadan, harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Batang melonjak. Bahkan harganya mencapai Rp45.000 per kilogram atau naik dibanding sebelumnya Rp30.000/ kilogram.

Pedagang bumbu dapur, Manisah di Batang mengatakan menjelang Ramada permintaan masyarakat terhadap bawang merah relatif cukup meningkat sehingga harga komoditas itu ikut naik.

“Kenaikan harga bawang merah dipicu stok komoditas itu yang relatif terbatas karena di beberapa daerah penghasil bawang merah belum memasuki masa panen,” katanya.

Ia mengatakan kemungkinan harga bawang merah akan terus merangkak naik jika sudah mendekati Ramadan hingga Lebaran.

“Kami memprediksi harga bawang merah belum turun hingga bulan puasa, apalagi sejumlah penghasil komoditas ini belum panen,” terangnya.

Pengepul bawang merah, Untung mengatakan harga bawang merah ditingkat pengepul hanya Rp35.000/kilogram sedang di tingkat pedagang bisa mencapai Rp45.000/kilogram.

“Selain ke Brebes, kami juga mencari pasokan bawang merah dari daerah lain untuk mencari stok komoditas itu yang paling murah,” katanya.

Ia menambahkan dengan adanya kenaikan harga bawang merah diperkirakan harga kebutuhan pokok lainnya juga akan ikut naik sehingga pemerintah harus segera melakukan pengecekan atau pantau harga sembako di pasar tradisional. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...