Jowonews

Logo Jowonews Brown

Jelang Ramadan Waspadai Spekulan Sembako

JAKARTA, Jowonews.com – Menjelang Bulan Ramadan spekulan komoditas sembako patut diwaspadai. Ini seiring dengan tren harga sembako yang terus merangkak naik.

ketua Dewan Perwakilan Daerah RI Irman Gusman mengatakan, spekulan membuat harga-harga bahan pokok meningkat dan sangat dirasakan masyarakat.

Ia mengatakan aksi spekulan menyebabkan inflasi tinggi dalam perekonomian, sebab harga-harga masih bertahan pada posisi tinggi.

Harga daging sapi contohnya, bertahan pada harga Rp120 ribu per kilogram, harga gula pasir naik menjadi Rp14 ribu per kilogram.

“Padahal, harga rata-rata gula pasir di pasar dunia hanya Rp5.000 per kilogram,” ujarnya.

Irman mencontohkan di negara Malaysia yang membuat aturan bahwa penimbunan sembako adalah tindakan represif atau tindak kejahatan yang membahayakan negara.

Berdagang menurut Irman masih dapat ditolerir bila membeli harga Rp10 ribu dijual Rp12 ribu. Sedangkan pedagang yang membeli Rp9 ribu lalu menjadi Rp25 ribu, termasuk spekulan berbahaya.

Lebih lanjut, Ketua DPD dari daerah pemilihan Sumatera Barat ini mengatakan saat ini dunia sedang menghadapi tiga krisis, salah satunya adalah krisis pangan.

“Untuk mewujudkan kedaulatan pangan maka fungsi Bulog harus dikuatkan dan didukung penuh,” tandasnya. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...