Jowonews

Logo Jowonews Brown

Jemaah Haji Lansia Dipasangi Gelang GPS

JAKARTA, Jowonews.com – Para jemaah haji mulai tahun ini akan diberi gelang ber-GPS (Global Positioning System). Pada gelang tersebut akan dipasangi chip guna memantau keberadaan jemaah.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, penggunaan gelang ber-GPS ini baru akan diujicobakan pada jamaah haji lansia.“Soal gelang, untuk tahun ini kita akan uji coba khusus bagi jamaah lansia, kita akan tanamkan GPS,” katanya, Kamis (28/4).

Menurutnya, penggunaan GPS dimaksudkan untuk memudahkan proses monitoring, tidak hanya terkait keberadaan jamaah lansia, tapi juga riwayat kesehatannya. Seluruh medical record jamaah lansia akan disimpan dalam sebuah chip untuk memudahkan proses pemeriksanaan kesehatan mereka.

“Khusus lansia, akan kita uji coba kalau sakit datang ke BPHI (Balai Pengobatan Haji Indonesia), klinik maktab, atau lainnya itu sudah tidak perlu lagi bawa buku atau dilihat medical record-nya, cukup baca chipnya saja,” kata Menag.

Selain itu, Kemenag juga akan meningkatkan kualitas gelang agar tidak terlalu mudah lepas. Menag merasa bahwa gelang jamaah haji Indonesia yang digunakan pada tahun lalu terlalu mudah lepas. “Gelangnya memang terlalu lentur, mudah dibengkokkan sehingga ini kita sedang kaji. Meski jangan terlalu susah dilepas juga. Sedang kita cari mana yang moderat,” terangnya.

Selain gelang GPS, kebijakan baru Kementerian Agama pada penyelenggarana haji tahun ini adalah mengakhirkan proses pengundian (qurah) kloter jamaah haji Indonesia. Dikatakan, qurah dilakukan setelah seluruh proses pengurusan visa jamaah haji Indonesia selesai.

Kebijakan ini diambil sebagai bagian dari evaluasi persoalan haji tahun lalu seiring pemberlakuan e-Hajj oleh Pemerintah Saudi Arabis. “Kita sangat belajar dari pengalaman kemarin terkait pengurusan visa. Kita sudah mengetahui apa titik kelemahan kita kemarin itu,” terangnya. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...