Jowonews

Logo Jowonews Brown

Jokowi Resmikan Construction Kick-Off PLTU Batang

Rencana PLTU Batang. (Foto : IST)
Rencana PLTU Batang. (Foto : IST)
Rencana PLTU Batang. (Foto : IST)

Batang, Jowonews.com – Presiden RI Joko Widodo meresmikan “Contruction Kick-Off” pembangunan pembangkit listrik tenaga uap di Desa Ujung Negoro, Kabupaten Batang, Jumat kemarin. Sebelum memberikan sambutan, Presiden Joko Widodo mendapat penjelasan seputar pembangunan PLTU Batang oleh Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir.

Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana, serta sejumlah menteri, setelah memberikan sambutan kemudian diberi kesempatan meninjau lokasi PLTU. Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir mengatakan PLTU Batang merupakan proyek yang dibangun dengan pola kerja sama pemerintah swasta (KPS) pertama dengan skala besar senilai empat dolar AS.

Proyek KPS pertama ini, kata dia, dilaksanakan berdasar Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun 2005 tentang Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha Dalam Penyediaan Infrastruktur. “Oleh karena itu, peresmian pembangunan proyek oleh Presiden ini dapat menjadi simbol keberpihakan pemerintah pada pembangunan untuk kepentingan umum dan pembangunan infrastruktur lainnya,” katanya.

Ia mengatakan PLTU Batang merupakan KSP yang pertama dengan nilai investasi yang sangat besar maka pelaksanaan “Construction Kick-Off” akan memberikan sinyal positif pada investor untuk menanamkan dananya pada proyek dengan skema kerja sama Pemerintah Swasta.

“Hal itu, juga menunjukkan pemerintah mempunyai komitmen yang kuat mendukung investasi yang diharapkan akan menjadi pemicu investor untuk menanamkan dananya di Indonesia,”jelasnya. (JN03)

BACA JUGA  Gagal Kelola Keuangan, DPRD Beri Ganjar Rapor Merah

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...