Jowonews

Logo Jowonews Brown

Jokowi Tegaskan Kembali Dukung Kemerdekaan Palestina

JAKARTA, Jowonews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kembali bahwa Indonesia mendukung penuh kemerdekaan Palestina. Hal itu disampaikan dalam pidato pembukaannya di KTT Luar Biasa Kelima Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) Ke-5.

“Palestina harus bersatu, Indonesia siap mendukung hal ini. Selama Palestina belum merdeka, selama itu pula Indonesia tetap memperjuangkan kemerdekaannya,” kata Presiden di Balai Sidang Jakarta, di depan peserta KTT Luar Biasa OKI 2016.

Salah satu bentuk dukungan langsung Indonesia itu, menurut Presiden, adalah pembukaan Konsulat Kehormatan Indonesia untuk Palestina di Ramallah. Sebelumnya, Indonesia juga telah membangun dan mengoperasikan rumah sakit umum untuk kepentingan rakyat Palestina.

Israel, dikemukakan Jokowi dari podium kehormatan harus segera menghentikan aktivitas ilegalnya di wilayah pendudukan mereka di Palestina, diantaranya Yerusalem dan Jalur Gaza.

Selama ini penduduk Palestina, terutama di Jalur Gaza, tidak bebas beraktivitas di luar wilayah seluas 365 kilometer persegi yang dihuni 1,7 juta jiwa itu. Israel membuka hanya satu pintu yang dikendalikan secara ekstra ketat untuk keperluan warga Palestina di Jalur Gaza agar bisa keluar-masuk wilayahnya, yaitu Rafah.
Kemarin (6/3), Jokowi bertemu dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, di sela KTT Luar Biasa Ke-5 OKI 2016. Dan hari ini (7/3), Abbas mendapat giliran setelah Jokowi berpidato resmi.
OKI, yang semula bernama Organisasi Konferensi Islam, dibentuk pada 1969 atau hanya dua tahun setelah Perang Arab-Israel yang dimenangi Israel sekaligus menandai agresivitas Israel dalam menduduki wilayah Palestina.

Salah satu misi awal OKI yang diupayakan masih terus relevan dan menjadi panduan hingga kini adalah memperjuangkan kemerdekaan Palestina di tengah aneksasi Israel. Palestina salah satu negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia. (JN19/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...