Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Juliari Batubara Ajak UKM Bentuk Koperasi

SEMARANG, Jowonews.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI , Juliari P. Batubara mendorong kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) membentuk koperasi untuk akses permodalan. Politisi PDIP ini memang memberikan perhatian yang lebih terhadpa perkembangan pelaku UKM di Jateng, khususnya Semarang dan sekitarnya yang merupakan daerah pemilihannya.

“Permodalan selama ini kerap menjadi kendala teman-teman UMKM. Padahal, akses permodalan sebenarnya cukup banyak, seperti lewat kredit usaha rakyat (KUR),” katanya saat reses di Ngaliyan Semarang.

Diakuinya, permasalahan permodalan bagi UMKM selalu menjadi pertanyaan masyarakat dalam setiap kegiatan serap aspirasi masyarakat atau reses yang digelarnya di daerah-daerah pemilihannya. Menurutnya, permodalan juga bisa diakses melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir-Koperasi dan UMKM (LPDB-KUMKM), perbankan, termasuk pemerintah daerah setempat.

DItambahkan, permodalan juga kerap kali terkendala agunan yang dipersyaratkan, sementara para pelaku UMKM tidak cukup agunan untuk mendapatkan modal.
“Makanya, teman-teman UMKM harus aktif mencari akses modal. Tetapi, harus berbentuk badan hukum. Perorangan, ya, bisa, namun harus ke bank dengan persyaratan agunan itu tadi,” katanya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...