Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

KAI Turunkan 100-200 Motor per Hari

SEMARANG, Jowonews.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang menyebutkan KA barang untuk Angkutan Motor Gratis (Motis) menurunkan 100-200 sepeda motor perhari di wilayah tersebut.

“Kami mencatat sejak 28 Juni hingga 1 Juli lalu terus mengalami kenaikan. Itu untuk sepeda motor yang turun,” kata Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Gatut Sutiyatmoko di Semarang, Sabtu.

Pada 28 Juni tercatat 110 sepeda motor yang turun di berbagai stasiun di wilayah Daops Semarang, kemudian 29 Juni 2016 (H-7 Lebaran) meningkat menjadi 151 sepeda motor.

Jumlah sepeda motor pemudik yang diangkut KA barang dengan tujuan Jawa Tengah meningkat pada H-6 Lebaran (Kamis, 30/6) menjadi 273 sepeda motor dan pada 1 Juli naik menjadi 298 sepeda motor.

“Bukan hanya sepeda motor yang dibawa pemudik dari arah Jakarta saja. Pemudik dari wilayah Daops Semarang yang memanfaatkan layanan angkut sepeda motor gratis ini juga ada,” katanya.

Ia menjelaskan pemudik yang ingin memanfaatkan layanan angkutan motor gratis bisa mendatangi Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Tawang, Stasiun Ngrombo, Stasiun Cepu dan Stasiun Bojonegoro.

“Mulai H-8 Lebaran (28/6) lalu, kami mencatat ada enam sepeda motor, kemudian H-7 (29/6) ada 17 sepeda motor, pada H-6 (30/6) sebanyak 12 sepeda motor, dan H-5 (1/7) ada 15 sepeda motor,” katanya.

KAI menyediakan layanan Motis untuk mempermudah pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman tanpa harus kelelahan bersepeda motor, sebab sepeda motornya bisa diangkut KA.

Target program KA khusus Motis yang membawa tujuh gerbong itu adalah mengangkut 420 sepeda motor tiap perjalanan dengan kapasitas angkut setiap gerbongnya sebanyak 60 sepeda motor.

Namun Gatut mengaku tidak bisa begitu saja menyimpulkan target tercapai atau tidak, sebab harus digabungkan dengan data sepeda motor yang turun di daops-daops lain seperti Cirebon dan Surabaya.

“Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini dengan maksimal. Baik untuk arus mudik maupun balik Lebaran. Jadi, bisa sedikit mengurangi beban jalan raya, terutama sepeda motor,” pungkasnya. jn16-ant

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...