Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Kala Suporter Indonesia Dukung ‘Save Palestina’ di Manahan

SOLO, Jowonwews.com – Kelompok penggemar Persis Solo, Pasoepati, memberikan tribut untuk Palestina dalam laga persahabatan Indonesia melawan Malaysia di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9) malam.

Tribut itu berupa koreografi berbentuk bendera Palestina yang terpampang di tribun selatan. Semula, ribuan penonton di tribun tersebut menampilkan tulisan GARUDA yang kemudian berganti menjadi bendera Merah Putih milik Indonesia. Sesaat kemudian, koreografi berubah menjadi bendera Palestina berwarna putih, hijau, dan merah.  

Wakil presiden Pasoepati, Ginda Ferrachtriawan, mengatakan bahwa mereka menyiapkan koreografi itu sejak empat hari lalu.

“Ini bukan soal politik. Tapi kami melihat bahwa budaya solidaritas dan fair play memang seharusnya ada di sepak bola, dan apalagi isu ini sedang hangat.”

Koreografi yang berlangsung nyaris satu menit itu, menurut Ginda, menghabiskan dana hingga Rp9 juta yang terkumpul hasil sumbangan sukarela anggota Pasoepati.

Meski demikian, Ginda sendiri menyayangkan adanya satu koreografi tiga dimensi yang gagal ditampilkan Pasoepati karena salah koordinasi dengan pihak keamanan. Menurutnya, tali yang diperlukan untuk melakukan koreografi tiga dimensi dan telah disiapkan sejak malam sebelumnya, diamankan petugas.

Dalam laga tersebut, Indonesia mencukur Malaysia 3-0 berkat dua gol Boaz Solossa dan satu gol Irfan Bachdim. Lebih dari 19 ribu penonton hadir di Stadion Manahan — membuat stadion terisi hingga kapasitas maksimum. (jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...