Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Kaligarang Makin Cantik dengan Kerlip Lampion

lampionSEMARANG, Jowonews.com – Ribuan orang memadati kawasan Sungai Banjir Kanal Barat Semarang tepatnya di Jalan Bojong Salaman untuk menyaksikan pergelaran “Festival Kaligarang 2015″ yang dimeriahkan dengan pesta lampion, Sabtu (30/5) malam.

Suasana menjadi gemerlapan karena ribuan lampion yang diterbangkan ke udara dan langsung menghiasi langit Kota Semarang, diiringi sorak sorai dan takjub dari masyarakat yang hadir pada festival itu.

Hiburan musik ditampilkan di sisi timur sungai, tepatnya di ruas Jalan Basudewa, sementara Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta jajaran pejabat pemerintah Kota Semarang dan Provinsi Jawa Tengah berada di sisi barat sungai, di Jalan Bojong Salaman tersebut.

Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi dan Ganjar Pranowo lalu menyeberangi Sungai Banjir Kanal Barat secara bergantian dengan menaiki perahu karet tim Search and Rescue (SAR) yang disiapkan.

Jajaran pejabat lainnya, seperti Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota Semarang Supriyadi juga turut menyeberang menggunakan perahu karet untuk menyaksikan pembukaan Festival Kaligarang 2015.

Dalam sambutannya, Hendi mengatakan, Festival Kaligarang yang berlangsung 29-31 Mei itu sekaligus penutup perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-468 Kota Semarang dan peringatan Hari Air Sedunia. “Sungai Banjir Kanal Barat ini sekarang cantik dan menjadi tempat penyelenggaraan agenda yang luar biasa, seperti Festival Kaligarang ini. Tempat ini luar biasa cantik,” tuturnya.

Hendi juga mengharapkan seluruh masyarakat untuk bersama-sama merawat Sungai Banjir Kanal Barat agar tetap cantik dan nyaman digunakan untuk berbagai kegiatan, termasuk kepariwisataan.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengakui semakin banyaknya even menarik yang digelar di Kota Semarang yang bisa menarik masyarakat dan wisatawan untuk menyaksikannya. Ganjar mengingatkan festival itu juga sekaligus memeringati Hari Air Sedunia sehingga harus menjadikan introspeksi untuk menghemat air dan menjaga kelestarian sungai, termasuk Sungai Banjir Kanal Barat.

BACA JUGA  Pemesanan Lampion di Solo Meningkat Jelang Imlek

Selain pesta lampion, festival itu juga dimeriahkan puluhan stan dari kalangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) menampilkan produk-produk unggulan. Tak hanya itu, berbagai lomba yang digelar, seperti lomba memasak, lomba foto produk UMKM, lomba mewarnai, senam massal, dan berbagai stan kuliner khas Semarang. (JN03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...