Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kanada Jaring Sosok Perempuan untuk Kertas Uang

OTTAWA, Jowonews.com – Kanada berencana memasang sosok perempuan pada mata uang yang baru dan kini sedang menjaring calon-calon pilihan dari tokoh perempuan yang layak menerima penghargaan tersebut, kata pemerintah Selasa.

Meskipun Ratu Inggris menjadi sosok tetap dalam mata uang Kanada, uang kertas baru nantinya akan menampilkan warga Kanada yang lahir di negara tersebut atau yang mengikuti naturalisasi, syaratnya mereka yang membawa kemajuan dan berbakti pada negara.

Menteri Keuangan Bill Morneau ketika membuat pengumuman itu mengatakan, kecuali ratu, sosok perempuan itu “tidak memetik keuntungan” dari uang kertas tersebut.

Celine Dion sayangnya tidak bisa diajukan, hal ini disesali oleh seseorang pada akun Twitternya, sebab calon tokoh tersebut harus sudah tutup usia setidaknya 25 tahun yang lalu.

Pencalonan diajukan ke Bank Kanada untuk kemudian diperiksa oleh Dewan Penasehat Independen yang beranggotakan cendekiawan dan ahli-ahli lain untuk menyaring calon yang lebih sedikit guna diajukan ke menteri keuangan.

Mata uang baru tersebut akan diterbitkan pada 2018.

Menyusul pengumuman yang dilakukan bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional, Bank Kanada menyebutkan nama tokoh pertama perempuan Kanada yang diajukan adalah Nellie McClung yang meninggal pada 1951.

Bank Kanada tidak menyebutkan mata uang yang mana yang akan dipasang gambar tokoh perempyan.

Langkah tersebut dilakukan menyusul jejak Amerika Serikat yang tahun lalu mengumumkan akan memakai wajah sosok perempuan untuk mata uang 10 dolar, pada 2020. (Jn16/ant)


Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...