Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Karena Sakit, Dua Calon Haji Embarkasi Surakarta Tertunda

BOYOLALI, Jowonews.com – Dua jemaah calon haji (Calhaj) dari Embarkasi Surakarta Jawa Tengah tertunda keberangkatannya bersama rombongan kelompok terbangnya ke Tanah Suci karena sakit.

Menurut Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta hingga pemberangkatan calhaj kloter keempat, memang ada dua jemaah yang tertunda karena sakit di daerahnya masing-masing, kata  Kepala Sub Bagian Penerangan Humas dan Protokol Embarkasi Surakarta Agus Widagdo, di asram haji Donohudab Boyolali, Senin.

Dua jemaah calhaj yang tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci yakni Wartiyoso Wiyono (66) asal Sukoharjo tergabung dengan kloter pertama dan Sarjinah Narso juga asal Sukoharjo Jateng tergabung dalam kloter kedua.

Namun, kedua jemaah yang tertunda tersebut jika sudah dinyatakan sembuh dan layak diberangkatkan oleh tim dokter PPIH akan diterbangkan ke Tanah Suci bersama rombongan calhaj kloter berikutnya.

Bahkan, ada seorang jemaah kloter pertama batal keberangkatannya ke Tanah Suci karena dilaporkan telah meninggal dunia di daerahnya, sehingga kloter pertama yang diberangkatkan pada Minggu (7/7), sekitar pukul 05.35 WIB, totalnya 358 jemaah termasuk petugas pendamping kloter.

PPIH Embarkasi Surakarta kemudian memberangkatkan kloter dua pada pukul 14.40 WIB, sebanyak 359 jemaah, karena satu tertunda sakit di daerah. Kemudian disusul kloter tiga pukul 17.00 WIB dengan jumlah 360 jemaah, dan kloter empat pukul 23.45 WIB, sebanyak 359 jemaah.

“PPIH hingga kloter empat sudah memberangkatkan calhaj ke Tanah Suci sebanyak 1.436 jemaah,” kata Agus Widagdo.

Dia mengatakan jemaah calhaj haji yang telah masuk asrama haji Donohudan Boyolali ada empat kloter yakni kloter 5, gabungan asal Kabupaten Wonogiri dan Sragen, kloter 6 (Sragen), kloter 7 (Sragen), serta kloter 8 (Sragen-Klaten).

Rombongan calhaj kloter 5 dijadwalkan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Senin, sekitar pukul 18.40 WIB, kemudian disusul kloter 6 pukul 20.50 WIB, dan kloter 7 pada pukul 21.95 WIB, dan kloter 8 pukul 23.25 WIB.

BACA JUGA  Warga Tegal Tewas Ditembak di Kepala

Kendati demikian, Agus mengimbau jamaah calhaj baik yang sudah masuk asrama maupun di daerahnya masing-masing untuk bisa menjaga kesehatannya tetap fit sehingga dapat diberangkatkan ke Tanah Suci dalam kondisi tetap sehat.

“Jamaah juga tetap menjaga kondisi tubuh tetap segar waktu di Tanah Suci jangan sampai mengalami dehidrasi dengan suhu ekstrem panas di Arab Saudi,” katanya.

PPIH Embarkasi Surakarta pada penyelenggaraan ibadah haji 2019 memberangkatkan calhaj ke Tanah Suci sebanyak 34.940 jemaah asal Jateng dan D.I. Yogyakarta. Jumlah itu, terdiri 34.177 jamaah calhaj, 485 petugas kloter, dan 278 jamaah Tim Pengawas haji Daerah (TPHD). Jumlah calhaj itu, juga terbagi dalam 97 kelompok terbang. (jwn5/ant) 

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...