Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Kemendagri Berencana Buka Sekolah Damkar

SEMARANG, Jowonews.com – Kementerian Dalam Negeri berencana membuka sekolah atau lembaga pendidikan khusus untuk petugas pemadam kebakaran dari berbagai daerah guna meningkatkan kesejahteraan.

“Kemendagri memang sedang memikirkan perlu sekolah atau akademi untuk melatih petugas pemadam kebakaran agar status kepegawaiannya bisa berjenjang dan sumber daya manusianya meningkat,” kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Semarang, Selasa.

Hal tersebut disampaikan Mendagri usai menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun Ke-97 Pemadam Kebakaran Tingkat Nasional yang dipusatkan di Lapangan Pancasila Semarang.

Menurut dia, dengan mengikuti sekolah khusus petugas pemadam kebakaran, maka yang bersangkutan akan mendapat keuntungan dari sisi kepangkatan dan peningkatan hak-hak yang diterima.

“Sebab kalau tidak dilatih kasihan dia, dari sisi kepangkatan dan peningkatan hak-hak bisa terhambat,” ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Mendagri mengaku sudah ada beberapa daerah yang siap menyediakan lahan untuk dibangun sekolah khusus petugas pemadam kebakaran dari wilayah lain.

“Daerah itu antara lain, Jatinangor, Makassar, Bukittinggi, dan Nusa Tenggara Barat,” katanya.

Sebagai upaya meningkatkan keterampilan dari tiap petugas pemadam kebakaran di Indonesia, Kemendagri juga menjalin kerja sama dengan negara lain. (jn03/ant)

BACA JUGA  DPD RI Periode Mendatang Ditantang Laksanakan Tugas Secara Kewilayahan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...