Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kemenpar Promosikan Pesona Diving Fam Trip

JAKARTA, Jowonews.com – Indonesia ternyata memiliki potensi wisata pantai yang mempesona dan dijamin membuat wisatawan tertarik. Salah satunya wisata diving dengan bias melihat pemandangan bawah laut.

Potensi wisata itu sedang dipromosikan Kementerian Pariwisata. Sebab, sebagai negara maritim, Indonesia memiliki kekayaan dan potensi lokasi diving yang tersebar di berbagai wilayah dari Barat hingga Timur kawasan perairan Indonesia.

Menurut Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kementerian Pariwisata, Rizky Handayani, Indonesia masuk dalam kawasan The Coral Triangle dengan kekayaan bawah laut terindah dan terlengkap menjadikan Indonesia target para penyelam (diver) dunia maupun domestik.
“Selain itu, Indonesia juga memiliki 55 destinasi diving dan lebih dari 1.500 diving spot tersebar dari Aceh sampai Papua,” ungkapnya, kemarin.

Jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia atau Filipina. Dunia juga mengakui Indonesia memiliki beberapa diving spot terbaik dunia, antara lain Raja Ampat, Pulau Komodo, Derawan, Togean, Wakatobi, Gili Air, dan Bunaken.

Kali ini, Kementerian Pariwisata mengemas promosi wisata diving dalam acara bertajuk Diving Fam Trip yang akan diikuti oleh Dive Operator dari Thailand. Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang juga menawarkan wisata diving yang cukup bersaing, selain itu Thailand memiliki potensi wisatawan minat khusus serta memiliki banyak ekspatriat dari berbagai negara. Dengan melaksanakan promosi yang tepat, diharapkan menjadi peluang besar calon wisatawan potensial untuk datang ke Indonesia.

“Lokasi yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan promosi wisata diving kali ini antara lain Labuan Bajo, Banda, Ternate, dan Gorontalo. Dipilihnya lokasi-lokasi tersebut dengan pertimbangan lokasinya yang dikenal memiliki kekayaan keindahan alam bawah laut, serta kecocokan connecting flight dan preferensi pasar Thailand,”paparnya.

Labuan Bajo, Banda, Ternate, dan Gorontalo merupakan destinasi wisata yang aman, menarik, dan berpotensi khususnya untuk wisata minat khusus diving. Para peserta akan diberikan update terbaru mengenai diving di tiap lokasi.

Wisata bawah laut Indonesia mempunyai terumbu karang dengan 2.000 spesies ikan dan beragam biota laut. Tidak hanya ikan kecil semacam unicorn, tapi juga ikan besar seperti tuna, marlin, hiu kepala martil, pari, barakuda, dan lumba-lumba.

Selain menyelam, peserta akan diajak ke destinasi-destinasi wisata di sekitar diving spot, trekking, dan mempertemukan dive operator Thailand dengan dive operator lokal dalam program Business Matching.
Program Diving Fam Trip ini akan dimulai pada tanggal 04 September 2016 di Labuan Bajo dan berakhir pada tanggal 13 November 2016 di Gorontalo. Para peserta yang terdiri dari Media dan Dive Operator akan menjadi agen dalam mempromosikan Pariwisata Indonesia, khususnya diving di negaranya.

“Kegiatan ini akan diikuti oleh 48 Media dan Dive Operator dari Thailand. Sehingga diharapkan akan ada 48 agen promosi yang dilakukan melalui publikasi media dan penjualan paket di negara tersebut,” pungkasnya.(jn01/jn19)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...