Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Kementan Optimalkan Serap Gabah Pati

PATI, Jowonews.com — Kementerian Pertanian berupaya mengotimalkan penyerapan gabah petani di Keresidenan Pati, Jawa Tengah, agar mendapatkan harga yang layak dengan tetap menjaga harga beras di tingkat konsumen terkendali.

“Dalam rangka optimalisasi penyerapan gabah petani tersebut, kami menggelar rapat koordinasi Serap Gabah (Sergap) untuk wilayah Karesidenan Pati di Hotel Safin Pati, hari Selasa (13/2),” kata Penanggung Jawab Sergab Pati Prihasto Setyanto di Pati, Selasa.

Ia mengatakan, rakor tersebut merupakan tindak lanjut dari penugasan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman terkait optimalisasi penyerapan gabah petani.

Ternyata, lanjut dia, eksekusi di lapangan tidak mudah, mengingat banyak hal-hal teknis yang harus ditindaklanjuti.

Rapat dihadiri sejumlah pejabat TNI AD, Badan Urusan Logistik Subdivisi Regional (Bulog Subdivre) II, BRI, dinas terkait di lingkungan Karesidenan Pati serta Dinas Ketahanan Pangan Jateng.

Pengalaman sergap sebelumnya, kata dia, tidak memenuhi target yang dicanangkan lima kali lipat dari penugasan awal sebanyak 200 ton di setiap wilayah di Jateng.

“Meskipun tidak tercapai 1.000 ton, kami bisa merealisasikan 633 ton,” ujar Prihasto Setyanto yang juga Direktur Sayuran dan Tanaman Obat (STO) Direktorat Jenderal Hortikultura. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...