Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kentang dan Tomat Ampuh Turunkan Kolesterol

JAKARTA, Jowonews.com – Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL, banyak orang yang menghindari jenis makanan yang memiliki kadar lemak tinggi seprti gorengan dan santan. Meningkatnya kadar kolesterol jahat dapat berdampak buruk bagi kesehatan, terutama meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan kardiovaskular.

Namun, untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, beberapa jenis bahan makanan perlu dikonsumsi. Bahkan beberapa jenis makanan, sayur dan buah ini dapat menurunkan kadar kolesterol.

Ada 10 bahan makanan yang perlu dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat seperti dilansir dari laman Thehealthsite:

1. Kentang mengandung nol kolesterol. Namun ingat, non kolesterol jika kentang tidak digoreng. Makanan ini selain nol kolesterol juga rendah lemak trans. Jadi, sebaiknya rebus kentang agar lebih sehat.

2. Tomat kaya antioksidan. Kandungan likopennya dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jadi, tambahkan tomat ke salad, sandwich, atau membuatnya menjadi segelas jus tomat untuk mendapatkan likopen yang cukup.

3. Bayam mengandung nutrisi yang baik untuk jantung, seperti pitosterol dan serat. Bayam adalah asupan bebas lemak yang membuatnya menjadi makanan penurun kolesterol.

4. Buncis, kacang polong, dan lentil tidak hanya mengandung nol kolesterol, tetapi juga merupakan sumber serat. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan kacang lentil dan polong ke semangkuk salad dan pasta Anda.

5. Alpukat kaya akan asam lemak omega 3 yang tentu sangat baik untuk kesehatan Anda. Beberapa studi juga menemukan, nutrisi dalam alpukat dapat menurunkan kolesterol jahat.

6. Kacang kedelai salah satu makanan rendah lemak jenuh, tinggi serat dan bebas kolesterol. Tidak hanya asupan kaya protein, Anda dapat membantu menurunkan kolesterol sampai 10 persen.

7. Oatmeal tidak hanya sumber kaya serat larut, tetapi juga teman terbaik untuk menurunkan kolesterol jahat. Anda dapat makan oatmeal untuk sarapan yang sehat.

8. Bawang putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal ini pada akhirnya dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

9. Biji ramu merupakan sumber asam alpha linolenat yang telah terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat. Sekira 1-2 sendok makan biji ramu per hari untuk menuai manfaatnya dengan menambahkannya ke smoothie dan yoghurt.

10. Buah-buahan harus menjadi bagian dari diet penurun kolesterol. Anda dapat makan pisang, semangka, lemon dan cranberry dan gooseberry. Buah-buahan seperti apel, peach dan plum juga mengurangi kadar kolesterol, tapi di sisi lain meningkatkan serat.(jn22)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...