Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Kepala Daerah Diharapkan Terinspirasi KIK

SEMARANG, Jowonews.com – Kepala daerah di Jawa Tengah diharapkan terinspirasi pembangunan Kawasan Industri Kendal dengan membuka investasi seluas-luasnya untuk memajukan wilayahnya masing-masing.

“Insipirasi nanti bentuknya akan berbeda-beda tapi saya yakin diawali dari inspirasi inilah kita akan maju selangkah demi selangkah, apalagi banyak potensi yang dapat dioptimalkan untuk investasi, baik lokal maupun luar negeri,” kata Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko di Semarang, Rabu.

Menurut dia, Jawa Tengah dengan sumber daya alam dan manusia yang ada, berpotensi menjadi tempat favorit bagi para investor yang ingin menanamkan modalnya.

Kendati demikian, perlu sejumlah kemudahan yang diberikan pemerintah daerah setempat kepada para investor.

“Oleh karena itu, para kepala daerah mesti memberikan pelayanan yang mudah dan ramah investasi,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendukung pengembangan Kawasan Industri Kendal agar para investor berminat berinvestasi sehingga menyerap tenaga kerja di berbagai bidang.

Bentuk dukungan dari Pemprov Jateng itu berupa pemanfaatan Balai Latihan Kerja sebagai sarana mengasah keahlian para calon tenaga kerja dan berbagai hal yang menyangkut infrastruktur jalur kereta api, optimalisasi Pelabuhan Tanjung Emas, serta pembangunan jalan tol dari Batang sampai Kaliwungu, Kendal.

Kemudian, membuka akses masuk keluar dari Kabupaten Kendal menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Sebelumnya, Kawasan Industri Kendal menargetkan menarik 20 investor dari dalam maupun luar negeri untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Kendal pada 2016 dan hingga saat ini tercatat 16 perusahaan di berbagai bidang yang siap berinvestasi serta siap menyerap sekitar 3.000 tenaga kerja.

Dari 16 perusahaan yang berinvestasi di KIK, tiga diantaranya sudah tahap konstruksi, bahkan salah satunya siap beroperasi mulai 25 Agustus 2016.

Keberadaan perusahaan tersebut antara lain dari Jepang, Malaysia, dan Singapura dengan nilai investasi kurang lebih Rp 3,2 triliun serta bergerak di berbagai bidang usaha, termasuk mebel, interior khusus hotel dan kapal pesiar. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...