Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Keraton Surakarta Berharap Revitalisasi Sasar Bangunan Dalam

SURAKARTA – Di tengah upaya revitalisasi yang sedang berlangsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menyampaikan harapannya agar fokus perhatian juga diarahkan pada bangunan-bangunan di dalam kompleks keraton.

Kerabat Keraton Surakarta Kanjeng Pangeran Eddy Wirabhumi di Solo, Jawa Tengah, Jumat mengatakan beberapa bangunan lain yang ada di dalam keraton dan perlu direvitalisasi, di antaranya Sangga Buwana dan Sasana Mulya.

Oleh karena itu, ia berharap setelah revitalisasi alun-alun selatan dan alun-alun utara selesai dikerjakan, bangunan lainnya bisa mulai dikerjakan.

“Dengan selesainya revitalisasi alun-alun selatan dan alun-alun utara, kami berharap perhatian segera dialihkan ke bangunan lainnya, termasuk Sangga Buwana, Sasana Mulya, dan yang lainnya, agar proses pemugaran bisa segera dimulai pada awal anggaran 2024,” ujarnya.

Pangeran Eddy juga menjelaskan bahwa pemerintah, melalui Kementerian PUPR, telah mengirimkan tim untuk melakukan peninjauan terkait kondisi Sasana Mulya.

“Tim dari Kementerian PUPR telah turun untuk berdiskusi dengan kami terkait Sasana Mulya. Jadi, proses peninjauan sudah dilakukan,” katanya.

Dia juga berharap agar revitalisasi segera dimulai di lokasi tersebut, mengingat atap bangunan tersebut baru-baru ini mengalami kerusakan akibat angin kencang dan hujan deras.

Adanya upaya perbaikan yang dilakukan secara mandiri oleh pihak keraton sebagai respons terhadap kerusakan tersebut menunjukkan betapa pentingnya perhatian terhadap keberlangsungan dan keamanan bangunan bersejarah ini.

Di sisi lain, revitalisasi Keraton Surakarta juga menjadi salah satu fokus pembangunan yang diprioritaskan oleh Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. Selain revitalisasi keraton, beberapa proyek infrastruktur lainnya yang juga menjadi prioritas pembangunan termasuk rel layang di Simpang Joglo, Taman Balekambang, dan Lokananta. Dengan demikian, upaya pelestarian dan pengembangan warisan budaya serta peningkatan kualitas infrastruktur menjadi bagian integral dari agenda pembangunan Surakarta.

BACA JUGA  Quatly Hadiri Puncak Peringatan Isra Miraj di Masjid Sheikh Zayed

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...