Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Kesulitan Cari Modal, Pemprov Diminta Perhatikan UKM

 

SEMARANG, Jowonews.com – DPRD meminta agar Pemprov lebih memperhatikan usaha kecil menengah (UKM) di Jawa Tengah. Sebab, sektor ini sudah terbukti secara kongret dalam menopang perekonomi masyarakat dan bahkan Jateng. Meski begitu, selama ini dewan menilai Pemprov masih belum sepenuhnya untuk mendukung UKM tersebut.

Anggota Komisi B DPRD Jateng, Helmy Turmudhi tidak menampik jika pelaku usaha kecil menengah di Jateng belum sepenuhnya mendapat perhatian. Banyak pelaku usaha yang kesulitan untuk mendapatkan suntikan modal atau saat hendak memasarkan hasil produksinya.

“Pemerintah selema ini kehadirannya masih belum dirasakan pelaku usaha. Makanya banyak yang kemudian jalan secara mandiri,” katanya, kemarin.

Ia menambahkan, potensi usaha menengah kecil di Jateng sangat besar. Mulai dari yang home industri makanan ringan sampai usaha hasil kerajinan. Hasil produkisnya pun sebenarnya tidak kalah dengan produk asing yang justru membanjiri pasar local.

 “Tapi tetap saja di pasar, produk local masih kalah dengan yang dari asing. Padahal secara kualitas jauh lebih bagus,” ujarnya.

Politisi Demokrat inipun mengakui jika hasil produksi UKM di Jateng berkualitas. Sebagai pelaku usaha mebel Jepara, ia merasakan langsung bagaimana pengaruh gempuran produk-produk luar negeri.

Dalam kondisi ini mestinya, Pemprov bisa menggandeng dan mengkoordiniri seluruh UKM agar bisa bersatu dan bisa meningkatkan hasil produksinya.

“Sebenarnya tidak harus bantuan modal, tapi bagaimana pendampingan sampai pemasaran hasil produksi. Itu yang penting, karena rata-rata kesulitan ketika hendak memasarkan hasil produksinya,” tegasnya.

Dewan mendesak Pemprov lebih kreatif dalam mempromosikan hasil produksi unggulan Jateng. Harus ada event besar untuk mendongkrak perekonomian masyarakat local.

Misalnya dengan memfasilitasi adanya pameran sebagai upaya memperkenalkan berbagai produk keunggulan di Jateng. Atau Pemprov kreatif dengan dengan meningkatkan promosi di daerah lain baik di luar jawa maupun di luar negeri.

BACA JUGA  Terus Berinovasi, DPRD Jateng Percepat Transformasi Jadi Parlemen Modern

“Saya kira Pemprov harus hadir, karena ini juga berkaitan dengan Pendapatan Asli Daerah. Jika ada event besar di Jateng pasti akan memberikan masukan cukup besar dan bisa meningkatkan perekonomian local,” tambahnya. (adv)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...