Jowonews

Logo Jowonews Brown

Komisi II Ingatkan KSP Dibiayai Negara tidak untuk Bahas Capres

JAKARTA, Jowonews.com — Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengkritik sikap Kantor Staf Kepresidenan (KSP) yang ikut-ikutan soal pembentukan relawan pemenangan Joko Widodo sebagai capres 2019.

Menurut Mardani, KSP seharusnya tidak boleh berpolitik praktis karena dibiayai dari uang negara. Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini menjelaskan, KSP dibentuk sesuai Perpres No. 26 Tahun 2015 sehingga operasionalnya dibiayai oleh keuangan negara.

“KSP itu berfungsi mensupport Presiden sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan. Bukan sebagai aktor politik dan partisan,” kata Mardani.

Mardani menerangkan Perpres itu mengatur hak keuangan dan fasilitas Kepala Staf Kepresidenan adalah setingkat Menteri. Seharusnya, papar dia, KSP bersikap netral sebagai sebuah lembaga yang diatur oleh negara.

Ia khawatir, jika tidak netral justru akan merusak citra Presiden Jokowi yang Mardani nilai mampu menjaga etika politik. Mardani menyebut, Komisi II DPR sebagai mitra kerja KSP sedang membahas mengenai hal ini. “Bahwa ada relawan di KSP itu hak Presiden. Tapi membawa lembaga KSP ke ranah politik praktis adalah tindakan yang salah,” kata Mardani. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...