Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Komunitas NU Banyumas Pilih Netral

PURWOKERTO, Jowonews.com – Komunitas Nahdlatul Ulama Banyumas (KNB) menyatakan netral dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Banyumas maupun Pilkada Provinsi Jawa Tengah

“Sikap ini kami ambil demi menjaga dan mewujudkan situasi serta kondisi yang aman dan damai dalam Pilkada Banyumas dan Pilkada Jateng yang akan digelar pada tanggal 27 Juni 2018,” kata Presiden KNB Agus Maryono saat menggelar konferensi pers di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat.

Dalam hal ini, kata dia, KNB tidak terlibat aksi dukung-mendukung terhadap salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati maupun pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Ia mengatakan sikap netral itu diambil KNB dalam rangka mengikuti kebijakan Nahdlatul Ulama (NU) yang secara organisatoris mulai Pengurus Besar NU hingga pengurus ranting tidak melibatkan diri dalam politik praktis.

“Sikap ini adalah dalam rangka mematuhi semangat Khittah NU 1926 yang secara kelembagaan tidak ikut masuk dalam politik praktis,” tegas pria yang akrab disapa Gus Mar itu.

Oleh karena itu, kata dia, setiap warga NU di Jawa Tengah maupun Banyumas khususnya, bebas menentukan pilihan politiknya sesuai dengan hati nuraninya masing-masing.

Ia mengatakan semua lembaga resmi NU termasuk badan otonomnya di semua tingkatan, hendaknya mengikuti apa yang telah digariskan dalam Khittah NU tersebut demi keamanan dan kenyamanan bersama khususnya warga NU dalam pelaksanaan Pilkada Jateng maupun Pilkada Banyumas.

“Sikap netral ini menjadi penting untuk ditekankan kembali mengingat pada pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng maupun pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banyumas di dalamnya terdapat tokoh dan pengurus NU atau badan otonomnya,” katanya.

Ia mengatakan dalam Pilkada Jateng, pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen (Ganjar-Yasin) merupakan simbol pasangan merah-hijau yang dipastikan akan mendulang dukungan di kalangan Nahdiyin, mengingat Gus Yasin (Taj Yasin Maimoen, red.) adalah kader NU dan putra dari K.H. Maemun Zubair.

“Begitu juga pasangan Sudirman Said dan Ida Fauziyah. Di mana Ida Fauziyah adalah tokoh Fatayat NU tingkat nasional,” katanya.

Sementara dalam Pilkada Banyumas, kata dia, terdapat pasangan Achmad Husein dan Sadewo Tri Lastiono serta pasangan Mardjoko dan Ifan Haryanto.

Ia mengatakan Sadewo Tri Lastiono merupakan pengurus Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama PBNU, sedangkan Ifan Haryanto selain Ketua Pengurus Cabang Bogor juga Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama.

“Oleh karena itu, KNB berharap kepada masing-masing pasangan dan tim suksesnya bisa berkampanye dengan sebaik mungkin, secara santun di tengah-tengah warga NU Banyumas dengan tidak saling menjatuhkan,” katanya.

Sementara bagi seluruh warga NU di Jawa Tengah dan Banyumas, kata dia, diharapkan untuk bisa secara cermat memilih pasangan yang disukai sesuai dengan hati nurani masing-masing.(jwn4/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...