Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kopi Temanggung Jajaki Ekspor ke Qatar

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Sebuah industri di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah “Wali Limbung Coffee” menjajaki ekspor kopi ke Qatar dan Myanmar. Manajer pemasaran Wali Limbung Coffee, Purwogiri di Temanggung, Selasa, mengatakan kopi yang diekspor berupa kopi sangrai baik jenis robusta maupun arabika. “Dalam beberapa bulan terakhir kami mencoba ekspor ke dua negara tersebut sekitar 300 hingga 500 kilogram per bulan. Saat ini lebih banyak permintaan untuk jenis robusta,” katanya.

Ia mengatakan ekspor berupa biji kopi sangrai lebih terjamin keasliannya, dari pada kopi bubuk. “Kopi yang kami kirim untuk memenuhi kebutuhan di cafe, mereka minta kopi sangrai sehingga tidak ada campurannya,” katanya.

Ia menuturkan, selama ini pihaknya telah memasarkan produk kopinya ke sejumlah kota di dalam negeri, antara lain Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Pekalongan, Jepara, Brebes dan Purwokerto. Menurut dia, kopi hasil produksinya merupakan kopi organik yang dihasilkan oleh para petani Temanggung. “Guna mendapatkan kopi organik, kami bekerja sama dengan kelompok tani di Kecamatan Gemawang,” katanya.

Ia mengatakan membeli kopi dari petani di atas harga pasar. Kalau di pasaran kopi biji kering Rp 23.000 per kilogram, pihaknya berani membeli Rp 30.000 hingga Rp 35.000 per kilogram. (Jn16-ant)

BACA JUGA  Djokovic Dan Nadal Melaju Ke Perempat Final Qatar Terbuka

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...