Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Kota Lama Diusulkan Jadi Cagar Budaya Nasional

SEMARANG, Jowonews.com — Ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu memastikan Kota Lama Semarang segera diusulkan sebagai kawasan cagar budaya nasional.

“Secara prinsip sudah siap. Prosesnya kan dari surat keputusan (SK) wali kota, kemudian direkomendasi Gubernur Jawa Tengah,” kata Ita, sapaan akrab Hevearita yang juga Wakil Wali Kota Semarang itu di Semarang, Selasa (9/5).

Setelah mendapatkan rekomendasi dari Gubernur Jateng, kata dia, diteruskan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Diakuinya, penetapan sebagai kawasan cagar budaya nasional memang merupakan salah satu syarat sebelum ditetapkan sebagai warisan budaya dunia, atau “world heritage” dari Unesco.

“Kami sudah menyiapkan. Nanti saya koordinasi dengan Pak Wali Kota. Katanya, bisa juga SK wali kota langsung diusulkan ke pusat, tidak perlu ke provinsi,” katanya.

Apalagi, kata dia, sudah ada pertemuan dengan Kemenko PMK sehingga tinggal mengirimkan berkas-berkas yang dipersyaratkan untuk penetapan kawasan cagar budaya nasional.

Mengenai kawasan Kota Lama, Ita menjelaskan sampai saat ini pihaknya terus menyiapkan, seiring dengan penyiapan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk persyaratan dari Unesco.

“Kami terus menyiapkan pembenahan kawasan. Gedung-gedungnya direvitalisasi, namun harus juga dimanfaatkan. Jadi, ada aktivitas di dalamnya yang membuat kawasan itu menjadi lebih hidup,” katanya. (jwn5/ant)

BACA JUGA  Becak Wisata akan Hadir di Kota Lama Semarang

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...