Jowonews

Logo Jowonews Brown

KPPPA: Parempuan dan Anak-Anak Korban Gempa Masih Trauma

JAKARTA,Jowonews.com — Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang telah mengirimkan tim untuk membantu korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat, menemukan masih banyak perempuan dan anak yang mengalami trauma, terlebih untuk kembali ke rumah.

Menurut siaran pers dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang diterima di Jakarta, Rabu, tim menemukan salah satu anak korban gempa yang mengalami trauma berat di Desa Rempek, Kabupaten Lombok Utara.

Anak tersebut tidak mau berbicara sejak terjadi gempa dan masih takut melihat orang asing.Perempuan dan anak-anak korban gempa akhirnya memilih tinggal bersama warga lainnya di pengungsian karena khawatir gempa susulan.

Padahal, kondisi di wilayah pengungsian masih jauh dari layak karena di beberapa titik terdapat tenda yangsampai diisi hingga 20 orang.

Di Dusun Nangka Rempek, yang terkena dampak cukup parah, lokasi pengungsiannya bahkan relatif buruk, kotor dan tidak layak bagi anak.

Beberapa tempat pengungsian bahkan tidak memiliki fasilitas mandi-cuci-kakus sama sekali, sehingga menyulitkan korban perempuan, anak dan kelompok rentan lainnya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...