Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

KPU Banyumas Siapkan Tahapan Pilkada 2018

BANYUMAS, Jowonews.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, segera meluncurkan tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat yang akan digelar bersamaan dengan Pilkada Jateng 2018.

“Tahapan Pilkada Banyumas 2018 akan kami luncurkan pada Sabtu (9/9) malam di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan, Purwokerto,” kata Ketua KPU Banyumas Unggul Warsiadi di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (8/9).

Selain tahapan pilkada, kata dia, pihaknya juga akan meluncurkan maskot Pilkada Banyumas 2018.

Pascapeluncuran tahapan, lanjut dia, KPU Banyumas segera membentuk badan penyelenggara berupa Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Perekrutan PPK dan PPS akan dilaksanakan pada bulan Oktober hingga November,” katanya.

Disinggung mengenai anggaran untuk pelaksanaan Pilkada Banyumas dan Pilkada Jateng di Kabupaten Banyumas, Unggul mengatakan pihaknya mendapat alokasi anggaran sekitar Rp55,66 miliar.

Menurut dia, anggaran tersebut berasal Pemerintah Kabupaten Banyumas sebesar Rp22,45 miliar dan Pemerintah Provinsi Jateng sekitar Rp33,21 miliar.

“Jadi untuk honor ‘ad hoc’ seperti PPK dan PPS dibiayai provinsi, sedangkan kegiatan lainnya ‘di-backup’ APBD kabupaten. Saling membiayai,” katanya.

Sebanyak tujuh kabupaten/kota di Jawa Tengah akan menggelar pilkada pada 2018 yang pelaksanaannya berbarengan dengan Pilkada Jateng, yakni Kabupaten Banyumas, Karanganyar, Temanggung, Kudus, Magelang, Tegal, dan Kota Tegal. (jwn5/ant)

 

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...