Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

KPU Batang Siapkan Tm Distribusi Surat Suara

BATANG, Jowonews.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang, Jawa Tengah, telah menyiapkan tim khusus distribusi surat suara dan kotak suara pada sejumlah titik yang sulit dijangkau atau dilalui kendaraan.

Ketua KPU Batang, Adi Pranoto di Batang, Sabtu, mengatakan bahwa tim khusus ini terdiri atas petugas kepolisian, penyelenggara pemilihan kepala daerah, dan pemerintah daerah.

“Tim Khusus ini akan mengantar surat suara dan kotak suara dengan berjalan kaki apabila wilayah yang akan dijangkau tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun mobil,” katanya.

Menurut dia, KPU memetakan ada tiga titik yang sulit dijangkau atau sulit dilalui kendaraan, yaitu Desa Gerlang Kecamatan Blado, Mojotengah Kecamatan Reban, dan Pranten Kecamatan Bawang.

“Tiga wilayah ini berada didataran pegunungan Dieng sehingga lokasinya sulit dilalui kendaraan. Bahkan pada pelaksanaan pilkada sebelumnya, kami terpaksa harus memutar melalui wilayah Kabupaten Wonosobo untuk menjangkau tiga desa tersebut,” katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan pilkada tidak hanya sekadar menjadi tanggung jawab penyelenggara pemilu tetapi keterlibatan masyarakat relatif sangat diperlukan untuk kesuksesan terselenggaranya pesta demokrasi rakyat ini.

“Kami ingin pilkada tidak hanya sekadar menjadi tanggung jawab bagi peserta pemilu saja. Akan tetapi, kontribusi dan peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan,” katanya.

Ia menambahkan pada saat pemungutan suara, KPU akan menyiagakan badan pengawas pada tempat pemungutan suara (TPS) untuk bertugas mengawasi penyelenggaraan pilkada di tingkat desa. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...