Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

KPU Imbau Masyarakat Cermati DPT

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mengimbau masyarakat mencermati daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 yang sudah diumumkan sejak 28 Agustus 2018.

Komisioner KPU Kabupaten Temanggung Agus Istanto di Temanggung, Rabu (29/8/2018) mengatakan meskipun DPT telah diumumkan, jika ada warga yang belum tercatat dalam DPT tersebut masih mempunyai hak suara yakni dengan dimasukkan ke DPT khusus.

“Berbeda dengan pilkada lalu, warga yang sudah memiliki hak pilih namun belum masuk dalam DPT kemudian dimasukkan ke dalam DPT tambahan,” katanya.

Ia mengatakan dengan diumumkannya DPT masyarakat tetap memantau perkembangan daftar pemilih, jika ditemukan ada warga yang sudah memiliki hak pilih namun belum terdaftar agar segera melaporkan kepada panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat Desa.

“Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan, masukan juga sangat peting bagi petugas kami yang ada di lapangan,” katanya.

Selain itu, katanya apabila belum terdaftar di dalam DPT, masyarakat nanti bisa menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan KTP elektronik saat pelaksanaan pemungutan suara pada 17 April 2019.

“Kalau memang belum terdaftar segera lapor dan nanti bisa diakomodir untuk menggunakan KTP elektronik Pada Pemilu 2019,” katanya.

Ia mengatakan pengumuman DPT sejak Selasa (28/8) sudah ditempel di sekretariat PPS di tingkat desa dan di tempat strategis yang mudah dijangkau.

“Tempat strategis biasanya di daerah calon TPS sehingga masyarakat bisa ikut mencermati termasuk mungkin ada orang-orang yang termasuk tidak memenuhi syarat (TMS) segera laporkan sehingga nanti akan ditandai sebagai pemeliharaan sehingga akan diketahui berapa orang yang memang selama delapan bulan ke depan orang itu TMS, misalnya meninggal, pindah alamat, jadi TNI/Polri,” katanya. (JWN3/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...