Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

KPU Kota Pekalongan Imbau Pemilih Pemula Tidak Golput

PEKALONGAN, Jowonews.com – Komisi Pemilihan Umum Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mengimbau pemilih pemula tidak golput pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur 2018 maupun Pemilihan Presiden 2019.

Komisioner KPU Kota Pekalongan, Divisi Perencanaan dan Data, Priyadi Trahutomo di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa sebagai upaya mengurangi angka golput pada pemilih pemula, KPU melakukan sosialisasi di sekolah.

“Para pemilih pemula yang sebagian besar masih berstatus pelajar akan kami ingatkan jika setiap satu suara bisa menentukan arah perkembangan sebuah daerah atau negara melalui pemilihan umum (pemilu),” katanya.

Ia mengatakan pengalaman para pemilih pemula dalam pelaksanaan pemilu bisa menjadi proses pembelajaran tentang berdemokrasi pada masa mendatang.

“Kita akan terus mensosialisasikan tentang pentingnya pemilu bagi para pelajar di sekolah,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Priyadi mengatakan KPU akan mengumumkan daftar pemilih sementara (DPS) Pilgub Jateng pada Maret 2018.

“Saat ini, kini tengah melewati proses pemutakhiran kemudian disusul rekapitulasi pada tingkat kelurahan pada 5 Maret hingga 7 Maret 2018 dan di tingkat kecamatan pada 8-9 Maret 2018,” katanya.

Menurut dia, data yang kini tengah dimutakhirkan tersebut merupakan hasil pencocokan dan penelitian (coklit) yang jumlahnya mencapai sekitar 228.612 orang.

“Oleh karena itu, kami berharap warga yang belum terdata sebagai pemilih bisa menyampaikan ke pihak kelurahan atau KPU agar segera dapat didata,” katanya. (JWN3/ANt)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...