Jowonews

Logo Jowonews Brown

KPU Mulai Sosialisasi Tahapan Pilgub Jateng

SEMARANG, Jowonews.com — Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah segera menyosialisasikan tahapan-tahapan Pemilihan Gubernur Jateng 2018 dan pemilihan kepala daerah serentak di tujuh kabupaten/kota.

“Sosialisasi tahapan pilkada akan dimulai dengan peluncuran maskot dan jingle Pilgub Jateng 2018 pada Selasa (29/8) di Lawang Sewu Semarang,” kata Anggota KPU Jateng Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia Diana Ariyanti di Semarang, Selasa (22/8).

Ia menjelaskan bahwa maskot Pilgub Jateng 2018 yang dipilih dan ditetapkan oleh KPU Provinsi Jateng adalah figur dan karakter tokoh pewayangan, Semar.

Dia mengatakan pemilihan dan penetapan maskot Pilgub Jateng 2018 itu berdasarkan Keputusan KPU Provinsi Jateng Nomor 3/PP.02.3-Kpt/Prov/VII/2017.

“Dalam penyelenggaraan Pilgub Jateng diperlukan sebuah maskot sebagai media guna mempromosikan, menyemarakkan, dan memberi semangat bagi pelaksanaannya,” ujarnya.

Diana menyebutkan tahapan Pilgub Jateng 2018 dan pilkada serentak di Kabupaten Banyumas, Temanggung, Kudus, Karanganyar, Tegal, Magelang, serta Kota Tegal yang akan dilaksanakan KPU Jateng dalam waktu dekat adalah pembentukan badan penyelenggara, yakni panitia oemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan.

“Rekrutmen petugas badan penyelenggara dilaksanakan 12 Oktober 2017 hingga 11 November 2017,” katanya.

Setelah pembentukan badan penyelenggara selesai, KPU Jateng akan memulai tahapan pemutakhiran data pemilih pada 11 Desember 2017 hingga Februari 2018.

“Proses pemutakhiran data pemilih itu tahapannya dari data pemilih sementara (DPS) dan DPS hasil perbaikan,” ujarnya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...