Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

KPU Optimistis Pilkada Serentak Sesuai Tahapan

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (Dok. Jowonews)

 

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (Dok. Jowonews)
Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (Dok. Jowonews)

SEMARANG, Jowonews.com –KPU Jateng optimis pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 21 kabupaten/kota di Jateng bisa berjalan sesuai tahapan yang telah ditetapkan. Pasalnya, 1.705 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 15.699 Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di Jateng telah dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum KPU).

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Jateng Joko Purnowo, kemarin. Menurutnya, jumlah tersebut berasal dari 341 Kecamatan dan 5233 desa/kelurahan. “Semuanya telah dilantik dan diberikan bimbingan teknis,” ujarnya.

Dari sisi anggaran, lanjut Joko, seluruh daerah yang akan mengikuti Pilkada 2015 juga telah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Naskah tersebut yang akan digunakan untuk mencairkan anggaran pelaksanaan Pilkada.

Menurutnya, sesuai NPHD tercatat anggaran yang disediakan oleh Pemerintah Kab/Kota total mencapai Rp 419.768.553.993. “Jumlah tersebut sudah mulai ditransfer ke rekening KPU Kabupaten/Kota secara bertahap. Saat ini sudah sekitar 63 persen atau Rp 264.445.953.480,” imbuhnya.

Joko menambahkan, KPU Jateng dalam waktu dekat juga akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap 21 kabupaten/kota yang direncanakan pada 11 Juni 2015 mendatang. Hasil evaluasi tersebut nantinya yang akan dilaporkan dan dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah baik Gubernur Jateng maupun dan DPRD Jateng.

“KPU secara nasional telah menerima DP4 (data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) dari Menteri Dalam Negeri pada 4 Juni 2015 di Jakarta lalu. Selanjutnya DP4 tersebut akan dianalisis maksimal 7 hari sebelum diserahkan kepada kabupaten/kota untuk dijadikan bahan penyusunan Daftar Pemilih Sementara,” pungkasnya. (JN01)

BACA JUGA  KPU Magelang Tetapkan DPT Pilkada

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...