Jowonews

Logo Jowonews Brown

KPU Semarang: Jumlah Pemiliih Pemula Meningkat

SEMARANG, Jowonews.com — Komisi Pemilihan Umum Kota Semarang memperkirakan jumlah pemilih pemula pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 akan meningkat.

“Saat ini, kami memang belum mengantongi jumlah pasti pemilih pemula di Kota Semarang. Masih dalam proses,” kata Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono di Semarang, Selasa (3/10).

Meski demikian, ia memperkirakan jumlah pemilih pemula mengalami kenaikan sekitar 20-30 ribu orang pada Pilgub Jateng 2018 dibandingkan dengan pemilihan-pemilihan serupa sebelumnya.

“(Jumlah) pemilih pemula masih dalam proses, belum bisa kami akumulasikan, tapi dari data agregat kependudukan, ada kenaikan mungkin sekitar antara 20.000-30.000 orang,” katanya.

Menurut Henry, saat ini KPU Kota Semarang masih memproses data agregat kependudukan untuk ditetapkan menjadi daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pilgub Jateng 2018.

Diakuinya, ada banyak faktor yang mempengaruhi perubahan daftar pemilih tetap (DPT) dari setiap gelaran pesta demokrasi, seperti perpindahan penduduk di suatu daerah, penduduk meninggal dunia dan pemilih pemula.

“Ada banyak faktor memang yang membuat DPT bisa berubah. Ya, antara lain adanya perpindahan penduduk, penduduk yang meninggal dunia, dan masuknya pemilih pemula,” katanya.

Ia menyebutkan ada penduduk Kota Semarang yang bermutasi atau pindah, sebaliknya ada juga yang masuk ke Semarang, serta ada pula pemilih pemula yang sebelumnya belum terdaftar.

“Sampai hari ini belum ada DPT. Masih data agregat kependudukan yang nanti akan kami proses menjadi DPS untuk Pilgub 2018,” kata Henry. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...