Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kuota Anak Berprestasi Pada PPDB 2019 di Jawa Tengah Bertambah Jadi 15%

SEMARANG, Jowonews.com – Kuota anak berprestasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di Jawa Tengah dipastikan bertambah 15% dari sebelumnya yang hanya 5%.

Hal tersebut menyusul adanya revisi peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 51 Tahun 2018 tentang PPDB, Kamis (27/6/2019).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Jumeri mengatakan, aturan baru tersebut sudah disetujui dalam Perturan Gubernur (Pergub).

“Hari ini sudah terbit Pergubnya mengenai perubahan kuota pada jalur prestasi sebagai hasil dari peraturan menteri pendidikan, ujarnya, Kamis (27/6/2019).

Namun, lanjutnya, perubahan ini hanya terjadi pada jalur prestasi.

“Jalur yang lain masih sama kuotanya. Jalur perpindahan orang tua atau mutasi 5%, jalur prestasi 15%, dan jalur zonasi 80 %. Namun kuota dalam zonasi dibagi lagi, jalur prestasi 20 persen dan murni zonasi 60 persen,” katanya, Kamis (27/6/2019).

Jumeri juga mengingatkan agar calon siswa memakai kesempatan untuk memilih sekolah sebaik baiknya.

“Kalau bisa anak itu di arahkan untuk memilih tiga sekolah sekaligus. Untuk mengantisipasi anak tidak diterima di sekolah pilihan pertama yang paling diinginkannya. Karena, kalau pilihan kedua atau ketiga tidak diklik (diisi), memang otomatis (secara sistem)/dikembalikan ke zona masing-masing. Tapi nunggu yang kosong. Jarak yang 0 kilometer bisa kalah dengan yang lima kilometer,” pungkasnya. (jwn5)

BACA JUGA  Jalur Prestasi Jadi 15 Persen, Ganjar : Jangan Ada Tipu Tipu Lagi Surat Domisili

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...