Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Kuota Haji Wonosobo Bertambah 148 Orang

WONOSOBO, Jowonews.com – Kuota haji di Kabupaten Wonosobo tahun 2017 bertambah 148 orang, menyusul penambahan kuota haji secara nasional, kata Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo Totok Jumantoro.

Totok di Wonosobo, Jumat, mengatakan kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang mengembalikan kuota normal jamaah haji, serta mengabulkan permohonan Pemerintah Indonesia untuk menambah kuota sebesar 10.000 jamaah membuat antrean masa tunggu berkurang signifikan.

“Terdekat, efeknya adalah calon jamaah haji asal Kabupaten Wonosobo yang rencananya berangkat pada 2020, dipastikan bisa berangkat Tahun 2019,” katanya.

Secara umum, katanya masa tunggu haji di Kabupaten Wonosobo yang tahun lalu masih ada di angka 23 tahun, berkurang enam tahun menjadi 17 Tahun.

“Calon haji yang mendaftarkan diri pada 2017, diperkirakan berangkat pada 2034,” katanya.

Ia menuturkan untuk kuota haji 2017, Kabupaten Wonosobo seharusnya memberangkatkan calon haji sebanyak 538 orang, ditambah enam orang cadangan lunas tunda tahun 2016.

“Kepastian penambahan kuota nasional ini, maka jumlah calhaj yang berangkat 2017 menjadi 692 orang, karena berdasar data yang kami peroleh dari Kementerian Agama RI, Wonosobo mendapat tambahan 148 calhaj,” katanya.

Ia mengatakan meskipun data tersebut belum resmi, bisa menjadi acuan karena diunduh langsung dari situs milik Kemenag.

Menurut dia pihaknya secepatnya akan menindaklanjuti hal tersebut dengan upaya sosialisasi kepada para calhaj yang sebelumnya tidak masuk daftar pemberangkatan.

“Terutama yang berkaitan dengan urusan administrasi, seperti paspor, kami sudah koordinasi dengan pihak Imigrasi, dan sampai saat ini sekitar 50 persen calhaj sudah mengajukan permohonan paspor haji,” katanya.

Bertambahnya jumlah calon haji asal Kabupaten Wonosobo, diakui Totok juga tidak lepas dari tambahan sebanyak 7.000 orang yang diberikan pemerintah pusat ke Provinsi Jawa Tengah.

“Kuota awal sebenarnya sejumlah 23.543 orang dan setelah ditambah 7.000 jamaah menjadi lebih dari 30.000 orang,” katanya. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...