Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Lantai Dua Terminal Tirtonadi Dijadikan Pusat Perbelanjaan

SOLO, Jowonews.com – Lantai dua Terminal Tirtonadi Surakarta akan digunakan untuk pusat perbelanjaan. Kali ini Pemkot Surakarta akan bekerja sama dengan pihak ketiga dalam pembangunan Terminal Bus Tirtonadi khususnya lantai dua tersebut.

“Pembangunan pusat perbelanjaan di Terminal Tirtonadi akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga, terkait telah dilimpahkannya pengelolaan terminal ke pemkot,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemkot Surakarta, Yosca Herman Soedradjad di Solo, Senin (24/10).

Dia mengatakan pembangunan terminal tersebut nantinya tidak akan menggunakan sistem lelang, namun akan dilakukan kerja sama dengan pihak ketiga. “Untuk pengelolaan terminal lantai dua sudah diproses. Tidak menggunakan lelang, namun pakai sistem alih kelola,” katanya.

Ia mengatakan surat pengajuan untuk pembangunan sudah diajukan sejak Oktober lalu. Untuk kerja sama ini bahkan Dishubkominfo telah menemukan pihak ketiga sebagai pengelolanya. “Pemenang lelang yang kemarin kan sudah ditentukan. Makanya mereka nanti yang akan bekerja sama dengan kami,” katanya.

Ia mengatakan untuk pengelolaan ini kerja sama akan dijalin selama beberapa tahun ke depan. Herman memperkirakan jalinan kerja sama berlangsung antara 25 hingga 30 tahun.

Nantinya, lanjut dia, peletakan batu pertama akan dilakukan sendiri oleh Menteri Perhubungan (Menhub). Untuk pembangunannya sesuai dengan rencana awal akan dibangun lima lantai untuk gedung utama. Sedangkan gedung sayap akan dibangun dua lantai.

Secara keseluruhan bangunan ini nantinya murni digunakan sebagai pusat perbelanjaan. Padahal sebelumnya direncanakan akan digunakan sebagai hotel dan pusat perbelanjaan. Sedangkan untuk gedung sayap nantinya digunakan sebagai area parkir. Biaya pembangunannya diperkirakan mencapai Rp375 miliar. “Hanya pertokoan saja. Paling kalau untuk menginap hanya ruang transit, bukan hotel,” imbuhnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...