Jowonews

Logo Jowonews Brown

Timnas Mulai Latihan Perdana 1 Agustus

JAKARTA, Jowonews- Tanggal 1 Agustus, Tim Nasional (Timnas) Indonesia senior dan U-19 akan memulai latihan perdananya di Jakarta.

Bagi timnas senior, pemusatan latihan ini sebagai persiapan hadapi tiga pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tiga laga tersebut yakni melawan tuan rumah Thailand (8/10), menjamu Uni Emirat Arab (13/10), dan tandang ke Vietnam (12/11).

Sedangkan timnas U-19 digembleng untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020. Gelaran ini akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan.

Dilansir dari laman resmi PSSI, Ahad (26/7), pemain timnas Indonesia senior dan U-19 serta ofisial sudah tiba di Jakarta sejak Kamis (23/7). Satu hari sebelumnya, pelatih Shin Tae-yong juga sudah mendarat di Jakarta.

“Sesuai arahan Ketum PSSI (Mochamad Iriawan), setelah Shin Tae-yong tiba di Jakarta kami langsung melakukan koordinasi dengannya. Dan pelatih Shin Tae-yong menyiapkan program latihan perdana di lapangan pada 1 Agustus mendatang,” kata Pelaksana Tugas Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Swab Test

Seluruh pemain dan ofisial timnas Indonesia senior dan U-19 juga telah melakukan swab test atau Polymerase Chain Reaction (PCR), Jumat (25/7). Tes usap ini dilakukan oleh petugas medis dari RS Royal Progress, Jakarta di Hotel Fairmont, Jakarta tempat menginap timnas Indonesia.

“Pemain akan melakukan kegiatan di hotel sambil menunggu hasil swab test yang kira-kira akan keluar tiga atau empat hari usai swab test dilakukan. Kami (tim dokter PSSI) akan melakukan perbaikan nutrisi kepada pemain terutama kebiasaan saat mereka makan. Sambil menunggu hasil swab test, kami melakukan simulasi latihan dengan protokol kesehatan di hotel sebelum dilakukan latihan perdana,” kata dokter sekaligus kepala tim medis PSSI, Syarif Alwi.

BACA JUGA  SEA Games, Shin Tae-Yong Panggil 36 Pemain

Sejak tiba di hotel Fairmont Jakarta, pemain dan ofisial juga sudah melakukan protokol kesehatan secara ketat. Mereka diawasi langsung oleh tim kesehatan atau medis PSSI.

Protokol itu antara lain, selalu memakai masker dimulai saat keluar kamar, menjaga jarak saat melakukan kegiatan seperti makan, rajin cuci tangan memakai sabun. Kemudian, selalu membawa hand sanitizer, pengecekan suhu, dan lain-lain.

Setelah melakoni lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, timnas senior bersiap untuk laga Piala AFF. Kejuaraan ini diselenggarakan pada bulan November-Desember mendatang.

Sementara timnas U-19 akan tampil berikutnya di Piala Dunia U-20 pada tahun 2021. Indonesia menjadi tuan rumah dalam perhelatan akbar ini.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...