Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Liburan Akhir Tahun, KAI Sebar 300 Personel Amankan Kereta

SEMARANG, Jowonews.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang menyiagakan setidaknya 300 personel untuk membantu pengamanan angkutan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 di wilayah tersebut.

“Ada 300 personel pengamanan yang kami siagakan untuk masa angkutan Natal dan Tahun Baru. Nanti, mereka ini dibagi di stasiun-stasiun,” kata Kepala PT KAI Daops IV Semarang Wiwik Widayanti di Semarang.

Jumlah personel pengamanan sebanyak itu, lanjutnya, merupakan gabungan dari internal PT KAI, yakni polisi khusus kereta api (polsuska), dibantu personel dari Polri dan TNI, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Ia menjelskan KAI sudah menyiapkan seluruhnya, mulai sarana, prasarana, operasional, hingga pelayanan untuk angkutan Natal dan Tahun Baru sehingga penumpang bisa melaksanakan mudik atau liburan dengan lancar.

“Untuk internal, pegawai kami (KAI, red.), ya, seperti biasa. Dilarang cuti. Ya, selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru yang dimulai pada 23 Desember 2016-8 Januari 2017,” kata Wiwik yang baru sehari dilantik sebagai Kepala PT KAI Daops IV Semarang ini.

Wiwik sebelumnya Kepala PT KAI Daops VIII Surabaya menggantikan Andika Tri Putranto sebagai Kepala PT KAI Daops IV Semarang yang kini ganti dipercaya memimpin Daops VIII Surabaya.

Meski sudah disiapkan pengamanan, ia mengimbau para penumpang untuk tetap menjaga keamanan barang-barang secara pribadi, terutama selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru yang pasti dipadati penumpang.

Untuk sisi lainnya, kata dia, selama ini memang cukup banyak kerawanan yang harus diwaspadai, seperti teror, narkoba, dan sebagainya sehingga akan dilakukan pengamanan untuk mengantisipasi kerawanan tersebut.

Bahkan, selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru ini diterjunkan pula anjing pelacak dan personel Gegana di posko-posko keamanan di stasiun untuk mengantisipasi adanya barang-barang terlarang atau membahayakan. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...