Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Longsor, Arus Kendaraan Karangpucung-Gandrungmangu Cilacap Dialihkan

CILACAP, Jowonews.com – Arus kendaraan besar seperti bus dan truk dari arah Karangpucung maupun Gandrungmangu/Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dialihkan akibat jalan longsor di hutan Cimaung Desa Cinangsi.

“Ruas jalan tersebut sebenarnya sudah lama longsor hingga bibir jalan namun dini hari tadi, sekitar pukul 02.30 WIB, longsor hingga separuh badan jalan dengan kedalaman 10 meter akibat hujan lebat yang terjadi sejak hari Kamis (27/4), pukul 15.00 WIB,” kata Kepala Kepolisian Resor Cilacap Ajun Komisaris Besar Polisi Yudho Hermanto melalui Kepala Kepolisian Sektor Gandrungmangu Ajun Komisaris Polisi Agus Subagyo di Cilacap, Jumat.

Ia mengatakan kondisi tersebut mengakibatkan ruas jalan Karangpucung-Gandrungmangu tidak bisa dilalui kendaraan berukuran besar.

Sementara untuk sepeda motor maupun minibus, masih bisa melintasi badan jalan yang tidak longsor sehingga aktivitas perekonomian warga tidak terganggu.

“Kalau bus ukuran sedang sebenarnya masih bisa lewat tapi harus hati-hati karena sebelah kiri ruas jalan yang longsor (dari arah Karangpucung) merupakan jurang dengan kedalaman sekitar 15 meter,” katanya.

Terkait langkah antisipasi yang dilakukan Polsek Gandrungmangu, AKP Agus Subagyo mengatakan telah berkoordinasi dengan Unit Lalu Lintas Polsek Sidareja maupun Karangpucung untuk menutup arus kendaraan berukuran besar yang akan melintasi ruas jalan Karangpucung-Gandrungmangu.

Dalam hal ini, arus kendaraan besar dari arah Karangpucung atau jalur selatan Jateng yang hendak menuju Sidareja, Kabupaten Cilacap, maupun Pangandaran, Jawa Barat, dialihkan melalui Cukangleuleus ke arah Cipari-Sidareja.

Sementara untuk arus kendaraan besar dari arah Sidareja atau Pangandaran yang hendak menuju Karangpucung atau Wangon dialihkan melalui ruas Kawunganten-Jeruklegi yang merupakan bagian dari jalur lintas selatan Jateng.

“Sesampainya di simpang Jeruklegi, belok kiri menuju Wangon,” katanya.

Kendati telah dilakukan pengalihan arus kendaraan besar, dia mengatakan pihaknya juga telah memasang rambu peringatan kepada pengguna jalan agar berhati-hati saat melintasi lokasi longsor.

“Kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penanganan lebih lanjut,” katanya.

Ruas Karangpucung-Gandrungmangu merupakan jalan provinsi yang banyak dilalui bus besar dengan trayek Kawunganten-Jakarta maupun bus berukuran sedang dengan trayek Purwokerto-Sidareja dan Purwokerto-Pangandaran. (JWN3/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...