Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Lulusan SMK Wisudha Karya Dilirik Perusahaan Pelayaran

KUDUS, Jowonews.com – Lulusan SMK Wisudha Karya Kudus sudah mulai dilirik perusahaan pelayaran. Tercatat empat perusahaan pelayaran yang ada di Jawa Timur, Jakarta dan Jawa Tengah siap menampung lulusan SMK Wisudha Karya yang menempuh program studi pelayaran.

“Perusahaan pelayaran yang siap menampung lulusan pelayaran dari SMK Wisudha Karya tersebut merupakan perusahaan pelayaran yang mengoperasikan kapal niaga,” kata Kepala SMK Wisudha Karya Kudus Sudirman di Kudus, Kamis (28/4).

Menurutnya, hal ini jelas merupakan kabar menggemberikan bagi siswa SMK Wisudha Karya Kudus, karena nantinya tidak perlu kesulitan mencari pekerjaan.

Meski begitu lulusan yang diterima kerja di empat perusahaan pelayaran tersebut, lanjutnya, harus memiliki Sertifikat Kompetensi yang biasanya baru diperoleh setelah menempuh praktik kerja selama setahun.

Siswa yang hendak menempuh pendidikan profesi untuk memperoleh sertifikat ahli nautika tingkat IV atau ahli teknika IV, kata dia, akan difasilitasi sekolah.

Setelah menempuh pendidikan profesi selama setahun, kata dia, para siswa akan diminta membuat laporan dalam bentuk tulisan terkait segala kegiatan yang dilakukan selama berlayar.
“Nantinya, akan diujikan di hadapan dewan guru sebagai ujian akhir untuk mendapatkan sertifikat profesi,” ujarnya.

Saat ini jumlah siswa SMK Wisudha Karya Kudus yang mengambil program studi pelayaran sebanyak 172 siswa. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...