Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Magelang Targetkan Semua Transaksi Non Tunai di 2018

MAGELANG, Jowonews.com – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Magelang, Jawa Tengah, menargetkan pada 2018 semua bentuk transaksi terkait dengan pemerintah kota setempat sudah menerapkan sistem nontunai untuk memperkuat pengelolaan keuangan daerah secara akuntabel, transparan, dan inovatif.

“Pada tahun depan, kami mematok target, semua transaksi sudah menggunakan nontunai,” kata Kepala BPKAD Kota Magelang Larsita dalam keterangan tertulis Humas Pemkot Magelang, Kamis (14/9).

Penerapan sistem itu, ujarnya, antara lain untuk mengurangi dan menimimaliasi kemungkinan terjadinya penyelewengan keuangan daerah.

Terkait dengan upaya pemkot merealisasikan keterbukaan informasi, terutama terkait dengan pengelolaan keuangan daerah, mulai 2016 pihaknya mentransformasi sistem manual ke pemanfaatan teknologi informasi.

Pada akhir 2017, pihaknya menargetkan tiga aplikasi terintegrasi sudah dapat dilaksanakan, antara lain menyangkut e-budgeting khusus, e-planning, dan e-reporting.

Ia menyebut program dan terobosan tersebut sebagai bentuk keseriusan pemkot setempat dalam membangun tata kelola keuangan agar semakin baik dan transparan.

Ia mengatakan selama 2017, Kota Magelang telah mendapatkan sejumlah penghargaan terkait dengan tata kelola keuangan daerah, yakni dari Badan Pemeriksa Keuangan RI, berupa Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Selain itu, dua penghargaan dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta berupa Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah Terbaik Regional Jawa dan Kondisi Keuangan Daerah Terbaik Regional Jawa.

Pada Kamis ini, Kota Magelang menerima penghargaan pengelolaan keuangan daerah terbaik dari Kementerian Keuangan di Gedung Dhanapala Kemenkeu di Jakarta. Wakil Wali Kota Windarti Agustina dijadwalkan menerima penghargaan itu dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani.

Ia menjelaskan bahwa penghargaan itu karena Kota Magelang memperoleh Opini WTP dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah 2012-2016.

Selain itu, katanya, Pemkot Magelang telah membuktikan penerapan sistem akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Ini membuktikan kalau pengelolaan keuangan di Kota Magelang sudah baik,” ujarnya.(jwn4/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...