Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Mahasiswa Teknik UMK Terima Penghargaan KKA

KUDUS, Jowonews.com – Universitas Muria Kudus (UMK) patut berbangga diri karena memiliki mahasiswa dan mahasiswi berprestasi. Tak hanya dibidang akademik saja, melainkan pula pada bidang-bidang lain semisal lingkungan.

Baru-baru ini mahasiswa UMK Fakultas Teknik mendapat penghargaan dari Dinas Kehutanan (Dinhut) Provinsi Jawa Tengah. Mahasiswa yang diketahui bernama lengkap Jamalludin itu berhasil meraih peringkat tiga kategori Kader Konservasi Alam (KKA). Penghargaan tersebut diterimanya bersamaan dengan upacara Apel Siaga Kebakaran Hutan di Lapangan Tahura Mangku Negoro 1 Suarakarta, Rabu (10/8/2016) lalu.

Jamal yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa aktif pada Program Studi Teknik Mesin dan tergabung dalam kelompok Mahasiswa Pecinta Alam “Arga Dahana” UMK itu dinilai berhasil dalam upaya pencegahan dan penyelamatan lingkungan hidup.

“Penghargaan itu didasarkan atas beberapa kegiatan yang saya ikuti dan kerjakan selama tiga tahun terakhir terkait lingkungan. Karena itu saya di undang Dinas Kehutanan untuk mengikuti seleksi, ” terang mantan Ketua BEM UMK 

Jamal yang merupakan putra keempat dari pasangan Kukoh dan Kasmunah itu selama menjadi mahasiswa juga terlibat dalam forum-forum bertemakan lingkungan. Antara lain Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK31) Tingkat Jawa Tengah bentukan BKSDA Jateng dan Dinhut. 

“Selama ini saya terlibat di FK31 sebagai anggota. Tapi pernah dulu diminta jadi salah satu narasumber. Tahun 2013 kalau nggak salah,”ungkapnya.

Sebelumnya selain aktif di FK3I mahasiswa asal Demak tersebut juga tergabung dalam Forum Komunikasi Mapala Se-Karesidenan Pati. Atas penghargaan yang baru saja diraihnya, pihaknya berharap akan jadi motivasi lebih dalam berkegiatan khususnya terkait lingkungan.

“Semoga prestasi ini bukanlah sebuah akhir bagi saya. Tapi bentuk tanggungjawab sebagai manusia yang selalu memanfaatkan lingkungan tetapi juga harus mau merawatnya,”paparnya. (jn04/jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...